Pola Komunikasi Antar Budaya

| Istilah pola komunikasi biasa disebut juga sebagai model, akan tetapi maksudnya sama, yaitu sistem yang terdiri atas aneka macam komponen yang bekerjasama satu sama lain untuk mencapai tujuan pendidikan keadaan masyarakat. Perlu Anda ketahui, terkait dengan rujukan pola dalam ilmu komunikasi. Artinya, beda komunikasi maka berbedalah penjelasannya.

Pola yakni bentuk atau model (atau, lebih abstrak, suatu set peraturan) yang biasa di pakai untuk menciptakan atau untuk menghasilkan suatu atau bab dari sesuatu, khususnya kalau yang di timbulkan cukup mencapai suatu sejenis untuk rujukan dasar yang sanggup di tunjukkan atau terlihat. (id.wikipedia.org)

 yaitu sistem yang terdiri atas aneka macam komponen yang bekerjasama satu sama lain untuk me Pola Komunikasi Antar Budaya

Pada artikel sebelumnya, sudah pernah membagikan terkait dengan Pola komunikasi merupakan model dari proses komunikasi, sehingga dengan adanya aneka macam macam model komunikasi dan bab dari proses komunikasi akan sanggup ditemukan rujukan yang cocok dan gampang dipakai dalam berkomunikasi. Untuk itu, pada artikel ini, menjelaskan rujukan komunikasi antar budaya berdasarkan ahli.

Pola Pola Komunikasi Antar Budaya
Komunikasi berawal dari gagasan yang ada pada seseorang, gagasan itu di olahnya menjadi pesan dan di kirimkan melalui media tertentu kepada orang lain sebagai penerima. Penerima pesan, dan sudah mengerti pesannya kepada pengirim pesan. Dengan mendapatkan jawaban dari si akseptor pesan itu, pengirim pesan sanggup menilai efektifitas pesan yang di kirimkannya. Berdasarkan jawaban itu, pengirim sanggup mengetahui apakah pesannya di mengerti dan sejauh mana pesanya di mengerti oleh orang yang di kirim pesan itu.

Sedangkan rujukan komunikasi berdasarkan (Effendy, 1986) yakni proses yang dirancang untuk mewakili kenyataan keterpautannya unsur-unsur yang di cakup beserta keberlangsunganya, guna memudahkan anutan secara sistematik dan logis. Komunikasi yakni salah satu bab dari hubungan antar insan baik individu maupun kelompok dalam kehidupan sehari-hari (Effendy, 1986) dari pengertian ini terang bahwa Komunikasi melibatkan sejumlah orang dimana seorang menyatakan sesuatu kepada orang lain, jadi yag terlibat dalam Komunikasi itu yakni insan itu.

Baca juga: Prinsip dasar komunikasi antar budaya

Menurut Effendy (1989:32) pola komunikasi antar budaya terdiri menjadi tiga macam yaitu, komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, dan komunikasi multi arah. Berikut penjelasannya yang sanggup Anda ketahui persembahan di bawah ini:
  1. Pola Komunikasi satu arah
    Merupakan proses penyampaian pesan dari Komunikator kepada Komunikan baik memakai media maupun tanpa media, tanpa ada umpan balik dari Komunikan dalam hal ini komunikan bertindak sebagai pendengar saja.
  2. Pola Komunikasi dua arah atau timbal balik (Two way traffic aommunication)Merupakan komunikator dan komunikan menjadi saling tukar fungsi dalam menjalani fungsi mereka, komunikator pada tahap pertama menjadi komunikan dan pada tahap berikutnya saling bergantian fungsi. Namun pada hakekatnya yang memulai percakapan yakni komunikator utama, komunikator utama memiliki tujuan tertentu melalui proses Komunikasi tersebut, Prosesnya dialogis, serta umpan balik terjadi secara langsung. (Siahaan, 1991)
  3. Pola Komunikasi multi arah
    Merupakan proses komunikasi terjadi dalam satu kelompok yang lebih banyak di mana komunikator dan komunikan akan saling bertukar pikiran secara dialogis.

Demikian gosip terkait dengan pola komunikasi antar budaya yang sanggup Anda ketahui persembahan . Semoga dengan adanya gosip materi kampus ilmu komunikasi ini, sanggup menjadi referensi berpengaruh untuk mahasiswa yang sedang membutuhkan gosip yakni komunikasi antar budaya.
Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pola Komunikasi Antar Budaya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close