11 Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian sosiologi berdasarkan para ahli yang bisa Anda dapatkan dalam artikel kali ini. Istilah sosiologi pertama kali dicetuskan oleh seorang filsuf asal Perancis berjulukan Auguste Comte dalam bukunya Cours de la Philosovie Positive. Orang yang dikenal dengan bapak sosiologi tersebut  menyebut sosiolog yaitu ilmu pengetahuan wacana masyarakat. Kata sosiologi bekerjsama berasal dari bahasa Latin yaitu 'socius' yang berarti teman atau mitra dan 'logos' yang berarti ilmu pengetahuan.

 yang bisa Anda dapatkan dalam artikel kali ini 11 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari kekerabatan timbal balik yang ada dalam masyarakat. Misalnya kekerabatan antara individu dengan individu lainnya, kelompok dengan kelompok lainnya, bahkan kelompok dengan individu dan juga kelompok yang ada dalam masyarakat. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu sosiologi, dalam kesempatan kali ini mencoba memberi citra terkait pengertian sosiologi itu sendiri.

Sosiologi sangat dekat hubungannya dengan lingkup masyarakat. Mengapa? Karena sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan bermasyarakat serta menawarkan citra realitias sosial secara ilmiah dengan tujuan untuk membantu menuntaskan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat.


Pengertian Sosiologi Menurut Ahli

Adapun terkait dengan pengertian sosiologi berdasarkan pendapat andal yakni, sebagai berikut:
1. Mayor Polak.
Menurut Mayor Polak Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yakni kekerabatan antara insan satu dengan insan lain, insan dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

2. Hassan Shandily.
Sedangkan berdasarkan Hassan Shandily Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menilik ikatan-ikatan antara insan yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

3. P.J. Bouman.
Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari kekerabatan sosial antar sesama insan (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

4. Pitirim Sorokin.
Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari kekerabatan dan efek timbal balik antara aneka macam tanda-tanda sosial (misalnya tanda-tanda ekonomi, tanda-tanda keluarga, dan tanda-tanda moral), sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari kekerabatan dan efek timbal balik antara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

5. William Kornblum.
Sosiologi yaitu suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan sikap sosial anggotanya dan mengakibatkan masyarakat yang bersangkutan dalam aneka macam kelompok dan kondisi.

6. Allan Johnson.
Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari kehidupan dan sikap terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mensugesti orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mensugesti sistem tersebut.

7. Mr. J. Bierens De Haan.
Sosiologi yaitu ilmu pengetahuan wacana masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan, dan perkembangan masyarakat.

8. Max Weber.
Sosiologi yaitu ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial yaitu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada sikap orang lain.

9. Gustav Ratzenhofer.
Sosiologi yaitu pengetahuan wacana kekerabatan insan dengan kewajibannya untuk menilik dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.

10. Emile Durkheim.
Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial yaitu cara bertindak, berpikir, dan bisa melaksanakan pemaksaan dari luar terhadap individu.

11. Pitirim A. Sorokin.
Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari:
  • Hubungan dan efek timbal balik antara aneka macam tanda-tanda sosial, contohnya antara tanda-tanda ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, aturan dengan ekonomi, dsb.
  • Hubungan dan efek timbal balik antara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda non sosial (misalnya dengan tanda-tanda geografis, biologis, dsb).

Setelah kita membaca aneka macam pandangan wacana sosiologi berdasarkan para ahli, maka kita bisa menyimpulkan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang objek studinya merupakan masyarakat. Sosiologi memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut menyerupai budpekerti istiadat, tradisi, nilai-nilai hidup satu kelompok, pengaruhnya terhadap kehidupan kelompok, proses interaksi di antara kelompok dan perkembangan lembaga-lembaga sosial merupakan perhatian sosiologi.

Demikian 11 pengertian sosiologi yang bisa Anda ketahui. Ilmu ini juga penting Anda pahami guna memudahkan pada ketika berinteraksi dalam masyarakat. Sosiologi juga sanggup disebut ilmu masyarakat alasannya mempelajari kekerabatan masyarakat dengan kelompok bahkan dengan individu individu lainnya.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "11 Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close