Fungsi Komunikasi Politik Dan Penjelasannya

| Pada artikel ini kami juga mengutarakan fungsi komunikasi politik dan penjelasannya. Pada artikel sebelumnya kami juga sudah menjelaskan terkait pengertian komunikasi politik. Maka, dalam artikel ini juga menjelaskan apa saja fungsi komunikasi politik, tujuannya untuk memudahkan anda dalam mencari informasi komunikasi politik. Komunikasi politik merupakan jalan mengalirnya informasi melalui masyarakat serta melalui banyak sekali struktur yang ada dalam sistem politik.

Fungsi komunikasi politik merupakan struktur politik yang menyerap banyak sekali aspirasi, pandangan dan gagasan yang berkembang dalam masyarakat dan menyalurkan sebagai materi dalam penentuan kebijakan. Dalam demikian fungsi membawakan arus informasi timbal balik menyerupai dari masyarakat kepada pemerintahan dan dari pemerintahan ke masyarakat.

 Pada artikel ini kami juga mengutarakan  Fungsi Komunikasi Politik dan Penjelasannya
Poto: komunikasipraktis com

Fungsi komunikasi politik secara teoritis yaitu mewujudkan kondisi negara yang stabil dengan  terhindar dari faktor faktor negatif. Fungsi komunikasi politik dalam kekerabatan antara supra dengan infrastruktur politik, berfungsi sebagai jembatan penghubung antara dua suasana tersebut dalam totalitas nasional. Fungsi komunikasi politik itu terutama dijalankan oleh media massa, baik itu media cetak maupun media elektronik. Dengan demikian media massa mempunyai peranan yang strategis dalam sistem politik.


Adapun yang dimaksud dengan fungsi komunikasi politik sebagaimana yang di paparkan pada (academia.edu) komunikasi politik, yaitu suatu bidang atau disiplin yang menelaah sikap dan kegiatan komunikasi yang bersifat politik, mempunyai akhir politik, atau besar lengan berkuasa terhadap sikap politik.

Dengan demikian, pengertian komunikasi politik sanggup dirumuskan sebagai suatu proses pengoperasian lambang-lambang atau simbol-simbol komunikasi yang berisi pesan-pesan politik dari seseorang atau kelompok kepada orang lain dengan tujuan untuk membuka wawasan dan cara berfikir serta memengaruhi sikap dan tingkah laris khalayak yang menjadi sasaran politik

Fungsi komunikasi politik sanggup dibedakan kepada dua bagian “Pertama, fungsi komunikasi politik yang berada pada struktur pemerintah (Suprastruktur Politik) atau disebut pula dengan istilah the governmental political sphere, berisikan informasi yang menyangkut kepada seluruh kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah, isi komunikasi ditujukan kepada upaya untuk mewujudkan loyalitas dan integritas nasional untuk mencapai tujuan negara yang lebih luas”.

Kedua, fungsi yang berada pada struktur masyarakat (infrastruktur politik) yang disebut pula dengan istilah the socio political sphere, yaitu sebagai agredasi kepentingandan artikulasi kepentingan, dimana kedua fungsi tersebut sebagai proseskomunikasi yang berlangsung diantara kelompok asosiasi dan proses penyampaianatau penyaluran isi komunikasi terhadap pemerintah dari hasil agredasi danartikulasi tersebut


Sebagaimana dijelaskan di atas terkait fungsi komunikasi politik, maka mengutip dari (academia/6/3/2016) juga menguraikan fungsi komunikasi politik di bawah ini sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat terhadap usaha-usaha yang dilakukan forum politik maupun dalam hubungannya dengan pemerintah dan masyarakat.
  2. Melakukan sosialisasi wacana kebijakan, program, dan tujuan forum politik.
  3. Memberi motivasi kepada politisi, fungsionaris, dan para pendukung partai.
  4. Menjadi platform yang sanggup menampung ide-ide masyarakat, sehingga menjadi materi omongan dalam bentuk opini publik.
  5. Mendidik masyarakat dengan pemberian informasi, sosialisasi wacana cara-cara pemilihan umum dan penggunaan hak mereka sebagai pemberi suara.
  6. Menjadi hiburan masyarakat sebagai “pesta demokrasi” dengan menampilkan para juru kampanye, artis, dan para komentator atau pengamat politik.
  7. Memupuk integrasi dengan  mempertinggi rasa kebangsaan guna menghindari konflik dan bahaya berupa tindakan separatis yang mengancam persatuan nasional.
  8. Menciptakan iklim perubahan dengan mengubah struktur kekuasaan melalui informasi untuk mencari proteksi masyarakat luas terhadap gerakan reformasi dan demokratisasi.
  9. Meningkatkan acara politik masyarakat melalui siaran berita, agenda setting, maupun komentar-komentar politik.
  10. Menjadi watchdog atau anjing penjaga dalam membantu terciptanya good governance yang transparansi dan akuntabilitas

Demikian klarifikasi fungsi komunikasi politik yang  dapat kami uraikan. Semoga dengan adanya klarifikasi fungsi komunikasi politik pada artikel kali ini sanggup membantu anda dalam mencari informasi atau materi perkuliahan anda

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Fungsi Komunikasi Politik Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close