Jenis Jenis Komunikasi Nonverbal

Jenis Jenis Komunikasi Nonverbal | Pada artikel sebelumnya, kami juga sudah pernah menjelaskan mengenai fungsi dan pengertian komunikasi non verbal. Komunikasi non ekspresi meliputi semua stimulus non ekspresi dalam sebuah situasi komunikasi yang dihasilkan, baik oleh sumbernya maupun penggunanya dalam lingkungan dan yang mempunyai nilai pesan yang potensial untuk menjadi sumber atau penerima.

Adapun batasan, proses serta peranannya sanggup disederhanakan sebagai berikut:
  1. Pesan yang disengaja dan yang tidak disengaja.
    Terkadang kita mengirimkan pesan non ekspresi secara tidak sengaja, contohnya mengerutkan dahi alasannya silaunya matahari, mungkin menciptakan seseorang salah mengerti bahwa anda marah.
  2. Komunikasi Verbal dan Non verbal.
    Komunikasi non ekspresi merupakan acara multidimensi artinya komunikasi non ekspresi tidak terjadi sendiri, namun biasanya dengan pesan verbal, contohnya tindakan menggeleng disertai dengan kata-kata tidak dan lain sebagainya.

Di bawah ini merupakan 7 jenis komunikasi non ekspresi yang sanggup anda ketahui yakni sebagai berikut:

Komunikasi objek.
Komunikasi objek yang paling umum ialah penggunaan pakaian. Orang sering dinilai dari jenis pakaian yang digunakannya, walaupun ini dianggap termasuk salah satu bentuk stereotipe. Misalnya orang sering lebih menyukai orang lain yang cara berpakaiannya menarik. Selain itu, dalam wawancara pekerjaan seseorang yang berpakaian cenderung lebih gampang menerima pekerjaan daripada yang tidak. Contoh lain dari penggunaan komunikasi objek ialah seragam

Sentuhan.
Haptik ialah bidang yang mempelajari sentuhan sebagai komunikasi nonverbal. Sentuhan sanggup termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain. Masing-masing bentuk komunikasi ini memberikan pesan wacana tujuan atau perasaan dari sang penyentuh. Sentuhan juga sanggup mengakibatkan suatu perasaan pada sang akseptor sentuhan, baik nyata ataupun negatif.

Kronemik.
Kronemik ialah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal mencakup durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya acara yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality)


Gerakan tubuh.
Dalam komunikasi nonverbal, kinesik atau gerakan badan mencakup kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan perilaku tubuh. Gerakan badan biasanya dipakai untuk menggantikan suatu kata atau frasa, contohnya mengangguk untuk menyampaikan ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; memberikan perasaan, contohnya memukul meja untuk memberikan kemarahan; untuk mengatur atau menngendalikan jalannya percakapan; atau untuk melepaskan ketegangan.

Proxemik.
Proxemik atau bahasa ruang, yaitu jarak yang Anda gunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk juga daerah atau lokasi posisi Anda berada. Pengaturan jarak memilih seberapa jauh atau seberapa dekat tingkat keakraban Anda dengan orang lain, memberikan seberapa besar penghargaan, suka atau tidak suka dan perhatian Anda terhadap orang lain, selain itu juga memberikan simbol sosial.

Dalam ruang personal, sanggup dibedakan menjadi 4 ruang interpersonal:
  1. Jarak intim
    Jarak dari mulai bersentuhan hingga jarak satu setengah kaki. Biasanya jarak ini untuk bercinta, melindungi, dan menyenangkan.
  2. Jarak personal
    Jarak yang memberikan perasaan masing - masing pihak yang berkomunikasi dan juga memberikan keakraban dalam suatu hubungan, jarak ini berkisar antara satu setengah kaki hingga empat kaki.
  3. Jarak sosial
    Dalam jarak ini pembicara menyadari betul kehadiran orang lain, alasannya itu dalam jarak ini pembicara berusaha tidak mengganggu dan menekan orang lain, keberadaannya terlihat dari pengaturan jarak antara empat kaki hingga dua belas kaki.
  4. Jarak publik
    Jarak publik yakni berkisar antara dua belas kaki hingga tak terhingga

Vokalik.
Vokalik atau paralanguage ialah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Ilmu yang mempelajari hal ini disebut paralinguistik. Contohnya ialah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain. Selain itu, penggunaan suara-suara pengisi menyerupai "mm", "e", "o", "um", ketika berbicara juga tergolong unsur vokalik, dan dalam komunikasi yang baik hal-hal menyerupai ini harus dihindari.

Lingkungan.
Lingkungan juga sanggup dipakai untuk memberikan pesan-pesan tertentu. Diantaranya ialah penggunaan ruang, jarak, temperatur, penerangan, dan warna

Demikian lah klarifikasi beberapa jenis komunikasi non verbal persembahan . Dengan adanya info terkait materi kampus komunikasi sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kita semua.
Sumber: wikipedia

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Jenis Jenis Komunikasi Nonverbal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close