Komunikasi Massa Sebagai Sistem Sosial

| Dalam tradisi ilmu sosial penggunaan istilah sistem lebih sering dipakai untuk merujuk pada pengertian sebuah sistem organik, yaitu sebuah sistem yang didalamnya terdiri dari beberapa komponen yang lebih kecil mempunyai kehidupan. Istilah ini dipakai untuk membedakan penggunaan istilah yang sama pada ilmu ilmu eksakta, dimana sebuah sistem anorganik terdiri dari beberapa komponen yang lebih kecil tak berjiwa.

 Dalam tradisi ilmu sosial penggunaan istilah sistem lebih sering dipakai untuk merujuk  Komunikasi Massa Sebagai Sistem Sosial
Poto: slidesharecdn,com

Di masyarakat, sistem dipakai untuk beberapa pengertian sebagai berikut:
  1. Sistem ditujukan sebagai gagasan atau inspirasi yang tersusun, terorganisir dan membentuk suatu kesatuan yang sistematis dan logis, umpamanya ialah filsafat, nilai, pemerintahan, demokrasi, kekerabatan dan sebagainya.
  2. Sistem yang merujuk pada sebuah kesatuan, kelompok, sebuah himpunan dari beberapa unit atau komponen yang terpisah pisah, mempunyai kekerabatan hubungan khusus sehingga membentuk sebuah keseluruhan yang utuh ibarat pesawat terbang, komputer dan sebagainya.
  3. Sistem ditujukan untuk  menyebutkan sebuah metode, cara, teknik yang dipakai ibarat sistem belajar, pelatihan, sistem bertindak dan sebagainya.


Talcott Parson membagi huruf sistem sosial  menjadi dua yakni sebagai berikut:
  1. Karakter himpunan yaitu sistem terdiri dari beberapa komponen yang terdapat dalam kehidupan masyarakat keseharian.
  2. Karakter ekuilibrium merupakan sebuah kehidupan yang seimbang diatur oleh norma dan hukum aturan dalam masyarakat tersebut.

Ada beberapa hal yang sanggup dimanfaatkan dari teori sistem ini ialah sebagai berikut:
  1. Sistem sebagai suatu teori sanggup dipakai untuk semua ilmu ilmu sosial.
  2. Sistem mengandung banyak tingkatan dan sanggup diaplikasikan pada aspek dunia sosial berskala besar maupun kecil ke aspek paling subjektif dan objektif.
  3. Teori sistem tertarik pada keragaman kekerabatan dari aneka macam aspek dunia sosial
  4. Pendekatan sistem cenderung menganggap melihat semua aspek sosiokultural dari segi proses, khususnya jaringan gosip dan komunikasi.
  5. Teori sister bersifat inheren dan integratif.

Demikian klarifikasi komunikasi massa sebagai sistem sosial. Dengan adanya klarifikasi di atas terkait teori sistem sosial maupun huruf dalam sistem sosial menjadi citra pembelajaran abagi anda serta menjadi bahan yang sanggup bermanfaat untuk kita semua.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Komunikasi Massa Sebagai Sistem Sosial"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close