Pengertian Komunikasi Massa Berdasarkan Ahli

| Komunikasi massa diadopsi dari istilah bahasa Inggris, mass communication, sebagai abreviasi dari mass media communication. Artinya, komunikasi yang memakai media massa atau komunikasi yang mass mediated. Istilah mass communication atau communications diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa (mass media) sebagai abreviasi dari media of mass communication.

Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka sanggup tersebar atau terpencar di banyak sekali lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan sanggup memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama. Berlo (dalam Wiryanto, 2005) mengartikan massa sebagai mencakup semua orang yang menjadi target alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran.

 komunikasi yang memakai media massa atau komunikasi yang  Pengertian Komunikasi Massa Menurut Ahli
Pengertian komunikasi massa berdasarkan ahli

Pengertian komunikasi massa intinya sudah pernah kami bagikan pada artikel sebelumnya. Namun, untuk memperjelas juga perlu kami bagikan rujukan yang bisa dipegang untuk dijadikan pedoman. Untuk itu, sebagai rujukan Anda, maka kami pun merasa penting untuk Anda ketahui terkait komunikasi massa berdasarkan ahli.

Sedikit kami ulang terkait pengertian komunikasi massa ialah penyampaian pesan atau informasi yang memakai alat media, baik media cetak maupun elektronik. Pesan yang disampaikan melalui media massa mirip koran, radio, internet, dan sebagainya merupakan komunikasi massa. Makara ini hanya citra umum saja. Namun untuk mengetahui pendapat andal sanggup Anda baca di bawah ini.

Pengertian komunikasi massa berdasarkan para ahli
Liliweri mendefinisikan Komunikasi massa itu mempunyai unsur-unsur seperti: sumber, bidang pengalaman, pesan, saluran, gangguan, hambatan, efek, konteks maupun umpan balik. Jadi, teknologi pembagi atau media dengan massa yang disebut dengan susukan itu dipergunakan untuk mengirimkan pesan yang melintasi jarak jauh, contohnya buku, pamflet, majalah, surat kabar, warkat pos, rekaman-rekaman, televisi, gambar-gambar poster, dan bahkan ketika ini ditambah lagi dengan komputer serta aplikasinya.


Joseph A. Devito mendefinisikan Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak mencakup seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi.

Komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih gampang dan lebih logis jikalau di defenisikan berdasarkan bentuknya: televisi, radio, surat kabar, majalah, film, buku dan pita.

McQuail mendefinisikan komunikasi massa terutama dipengaruhi oleh kemampuan media massa untuk menciptakan produksi massa dan untuk menjangkau khalayak dalam jumlah besar. Di samping itu, ada pula makna lain yang dianggap makna orisinil dari kata massa, yaitu makna yang mengacu pada kolektivitas tanpa bentuk, yang komponen-komponennya sulit dibedakan satu sama.

Kamus bahasa Inggris menunjukkan definisi massa sebagai suatu kumpulan orang banyak yang tidak mengenal keberadaan individualitas. Definisi ini ini hampir mirip pengertian massa yang digunakan oleh para andal sosiologi, khususnya jikalau digunakan dalam kaitannya dengan audien media.

Dari klarifikasi andal komunikasi sebagaimana diuraikan di atas, sanggup kita simpulkan bahwa, komunikasi massa merupakan pesan pesan atau informasi dari komunikator yang diberikan pada media guna untuk disebarluaskan, atau disampaikan kepada masyarakat luas, khalayak ramai dengan memakai alat media massa. Pesan yang disebarluaskan memakai media disebut komunikasi massa.
Sumber:
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT.Remaja Rosdakarya. 2005. Bandung

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Komunikasi Massa Berdasarkan Ahli"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close