Pengertian Komunikasi Politik Dan Penjelasannya

| Para pakar teoritis ilmu politik dan ilmu komunikasi berupaya untuk menawarkan suatu pengertian ihwal komunikasi politik. Sulit kiranya untuk memunculkan suatu pengertian yang sanggup memenuhi semua disiplin ilmu. Namun demikian, upaya memaksimalkan para pakar telah memberi bantuan yang sangat berharga di dalam memperkaya referensi ilmu pengetahuan, yang khususnya ilmu komunikasi. Untuk itu, dalam artikel ini kami juga memberi sedikit citra serta klarifikasi mengenai pengertian komunikasi politik.

Komunikasi Politik merupakan komunikasi yang melibatkan pesan pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Komunikasi politik itu juga lebih ke arah kepentingan politik yang tentunya melibatkan bintang film atau biro politik dalam hal penyempaian informasi politik. Menurut pendapat Roelofs mengangkat buah pikirannya ihwal komunikasi politik dalam kalimat sederhana yang menyatakan bahwa komunikasi politik yaitu pembicaraan ihwal politik atau kegiatan politik yaitu berbicara.

berupaya untuk menawarkan suatu pengertian ihwal  Pengertian Komunikasi Politik dan Penjelasannya
Poto: okezone com

Pengertian lain yang disampaikan oleh Rusadi Kantaprawira seorang pakar hukum, melihat komunikasi politik dari sisi kegunaannya. Dan ia beropini bahwa pengertian komunikasi politik yaitu untuk menghubungkan pikiran politik yang hidup dalam masyarakat, baik itu pikiran intern golongan, instansi, asosiasi, dan juga sektor kehidupan politik pemerintah.

Pengertian Komunikasi Politik
Komunikasi Politik yaitu suatu proses dan kegiatan-kegiatan membentuk sikap dan sikap politik yang terintegrasi ke dalam suatu sistem politik dengan memakai simbol-simbol yang berarti. Komunikasi politik bukan membahas suatu proses yang bersifat temporer atau situasional tertentu, akan tetapi pembahasan komunikasi politik akan menampakkan huruf sebagai identitas keilmuan

Beberapa ilmuan melihat Komunikasi Politik sebagai suatu pendekatan dalam pembangunan politik. Komunikasi Politik meletakkan basis untuk menganalisis permasalahan yang muncul dan berkembang dalam keseluruhan proses dan perubahan politik suatu bangsa.
  • Fagen, (1966) Communicatory activity considered political by virtue of its consequences, actual, and potential, that it has for the funcioning of political systems.
  • Meadow, (1980) Political communication refers to any exchange of symbols or messages that to a significant extent have been shaped by or have consequences for the political system.

Berdasarkan aliran pemikiran para pakar yang sudah diutarakan di atas, maka sanggup kita simpulkan serta mencoba menawarkan sedikit klarifikasi terkait pengertian komunikasi politik yakni suatu proses dan kegiatan kegiatan membentuk sikap dan sikap politik yang terintegrasi ke dalam suatu sistem politik dengan memakai simbol simbol yang bermakna atau berarti.

Komunikasi politik yaitu pesan pesan yang disampaikan oleh komunikator politik baik itu secara eksklusif maupun tidak eksklusif kepada komunikan atau kepada masyarakat luas, atau memberikan pesan politik kepada khalayak umum baik itu secara tatap mata maupun melalui media massa.
Pengertian tersebut memperlihatkan kepada sikap dan sikap individu yang berada dalam lingkungan sistem politik yang mencerminkan suatu bangunan kehidupan negara dengan segala kompleksitasnya untuk mencapai ideal negara sehingga akan tampak terang perpaduan seluruh unsur yang ada dalam lingkup negara merupakan produk komunikasi politik.

Komunikasi Politik Menurut Pendapat Ahli
Adapun terkait dengan pengertian komunikasi politik sebagaimana dijelaskan di atas. Maka, para hebat pun juga beropini ihwal komunikasi politik itu sendiri. Berikut penjelasannya:
  • Menurut Maswadi Rauf, Pengertian Komunikasi Politik yaitu sebagai objek kajian ilmu politik, alasannya pesan-pesan yang diungkapkan dalam proses komunikasi bercirikan politik yaitu berkaitan dengan kekuasaan politik negara, pemerintahan dan juga acara komunikator dalam kedudukan sebagai pelaku kegiatan politik. Maswadi Rauf melihat komunikasi politik dari dua dimensi, yaitu komunikasi politik sebagai kegiatan pollitik dan sebagai kegiatan ilmiah.
  •  Astrid S. Soesanto juga beropini bahwa, pengertian komunikasi politik yang hampir diwarnai kajian ilmu hukum. Pengertian Komunikasi Politik ialah komunikasi yang diarahkan pada pencapaian suatu dampak sedemikian rupa, sehingga pada persoalan yang dibahas oleh jenis kegiatan komunikasi ini sanggup mengikat semua warganya melalui suatu hukuman yang ditentukan bersama oleh lembaga-lembaga politik.
  •  Menurut Roelofs dan Barn Lund, Pengertian Komunikasi Politik yaitu politik yang berbicara atau untuk menempatkan persoalan ini, lebih tepatnya acara politik (politisasi) berbicara. Dari pengertian komunikasi politik yang diungkapkan Roelofs dan Barn, walaupun sangat sederhana, namun cukup memberi aba-aba bahwa komunikasi politik lebih memusatkan kajiannya pada bobot materi muatan yang berisi pesan-pesan politik (isu politik, kejadian dan sikap politik individu-individu baik sebagai penguasa maupun yang berada dalam asosiasi-asosiasi kemasyarakatan atau asosiasi politik.
  • Mueller (1973) mengetengahkan bahwa Komunikasi Politik didefinisikan sebagai hasil yang bersifat politik apabila menekankan pada hasil. Sedangkan definisi Komunikasi Politik jikalau menekankan pada fungsi komunikasi politik dalam sistem politik, yaitu komunikasi yang terjadi dalam suatu sistem politik dan antara sistem tersebut dengan lingkungannya.
  • Almond dan Powell mendefinisikan Komunikasi Politik sebagai fungsi politik tolong-menolong  fungsi artikulasi, agregasi, sosialisasi dan rekruitmen yang terdapat di dalam suatu sistem politik dan komunikasi politik merupakan prasyarat (prerequisite) bagi berfungsinya fungsi-fungsi politik yang lain.
  • Gabriel Almond (1960) menyatakan bahwa komunikasi politik yaitu salah satu fungsi yang selalu ada dalam setiap sistem politik. “All of the functions performed in the political system, political socialization and recruitment, interest articulation, interest aggregation, rule making, rule application, and rule adjudication, are performed by means of communication.”
  • Miriam Budiardjo - Komunikasi politik merupakan salah satu fungsi partai politik, yakni menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat dan mengaturnya sedemikian rupa "penggabungan kepentingan" (interest aggregation” dan “perumusan kepentingan” (interest articulation) untuk diperjuangkan menjadi public policy.

Demikian penjelasan pengertian komunikasi politik yang  dapat kami uraikan. Proses penyampaian pesan atau informasi dari pihak komunikator politik kepada komunikan atau kepada khalayak ramai yang bersifat kepentingan politik, dan itu lah yang dimaksud dengan komunikasi politik. Semoga bermanfaat dan berkhasiat bagi kami sendiri beserta untuk kita semua.

Sumber:
Rochhajat Harun dan Sumarno AP, 2006. Judul Buku : Komunikasi Politik sebagai Suatu Pengantar. Penerbit CV Mandar Maju : Bandung.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Komunikasi Politik Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close