Proses Terjadinya Komunikasi Kelompok

– Komunikasi intinya terjadi tanpa kita sadari. Baik itu dalam kelompok maupun secara intrapersonal atau berkomunikasi dengan sendirinya. Tidak ada paksaan dan tekanan dalam berkomunikasi, ia jalan dengan sendirinya. Namun demikian proses terjadinya  komunikasi atau awal dari kita berkomunikasi tentu ada tanda dan sebab. Dan sehingga dengan adanya sesuatu terjadilah interaksi dengan satu sama lain, itulah proses awal dari komunikasi.

 Komunikasi intinya terjadi tanpa kita sadari Proses Terjadinya Komunikasi Kelompok

Terjadinya komunikasi kelompok biasanya berawal dari perkumpulan atau terbentuknya kelompok kecil. Nah, disini akan lahir beberapa wangsit pada ketika berkkumpulnya individu individu yang akan membicarakan wangsit tersebut. Terlepas dari wangsit yang muncul, apakah wangsit dagelan atau wangsit yang sanggup membuah hasil. Proses terjadinya komunikasi ini tanpa kita sadari hingga menjadi komunikasi kelompok.

Selanjutnya ada beberapa alasan ihwal hal-hal yang terjadi apabila individu-individu berinteraksi dalam kelompok kecil. Salah satunya yaitu lantaran banyak insiden yang timbul pada ketika bersamaan, sehingga sulit bagi seorang yang berpartisipasi dalam suatu acara untuk sanggup memahami kejadian-kejadian yang berlangsung begitu cepat serta saling berkait dan bertumpang tindih.


Alasan lain ialah kemungkinan individu belum dilengkapi dengan konsep-konsep untuk mengartikan setiap tanda-tanda yang ada, atau mungkin ada, tetapi belum dilengkapi dengan persyaratan-persyaratan konseptual yang memungkinkan individu melihat keseluruhan proses melalui sebagian komponen yang ada. Oleh lantaran itu, taktik yang harus dilakukan meliputi dua segi, yaitu:

Kita harus mencoba mengisolir beberapa proses yang sederhana dan gampang dimengerti dari sekian banyak proses-proses yang timbul secara simultan dalam komunikasi kelompok.
Kita harus memakai beberapa istilah yang akan memudahkan kita mengorganisir pengamatan.

Komunikasi kelompok juga sanggup direncanakan serta tidak direncanakan. Ini tergantung pada komunikator yang melahirkan sebuah ide. Bila kita ambil sebuah rujukan kecil masyarakat pedesaan. Ini terang tidak ada perencanaan pada ketika terjadinya komunikasi kelompok. Hanya duduk didepan rumah, dan selanjutnya sudah hingga tetangga lainnya untuk berkumpul di halaman rumah tetangga.

Mungkin ini hanya sebatas melepaskan kelelahan pekerjaan ibu rumah tangga dengan cara keluar kehalaman ruman. Namun tetangga lainnya juga ikut berkumpul pada halaman rumah tetangga dan akhirnya terjadilah komunikasi kelompok. Ini kasus yang sangat sering kita lihat di pedesaan awal dari proses terjadinya komunikasi kelompok.

Demikian rujukan kecil dari proses terjadinya komunikasi kelompok di pedesaan. Ini hanya sebatas rujukan proses komunikasi kelompok. Banyak rujukan lainnya yang sanggup Anda contohkan. Berbeda dengan lingkup perkumpulan mahasiswa. Kerena ini sanggup direncanakan dan tidak direncanakan oleh kelompok itu sendiri

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Proses Terjadinya Komunikasi Kelompok"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close