Manusia Sebagai Makhluk Sosial Yang Hidup Bermasyarakat

Manusia yaitu ciptaan Allah Swt, yang kuasa yang maha esa dengan struktur dan fungsi yang sangat tepat kalau dibandingkan dengan makhluk yang kuasa lainnya. Manusia juga diciptakan sebagai makhluk multidimensional, yang mempunyai nalar pikiran dan juga kemampuan berinteraksi secara personal maupun sosial. Karena itu lah insan disebut sebagai makhluk yang unik, yang mempunyai kemampuan sosial sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Disamping itu semua insan dengan nalar pikirannya bisa membuatkan kemampuan tertingginya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yakni mempunyai kemampuan spiritual, sehingga insan disamping makhluk individual, makhluk sosila, juga sebagai makhluk spiritual. Dalam kenyataannya kemampuan fungsional insan di atas sanggup dilakukannya secara simultan dalam kehidupannya sehari hari.

 yang kuasa yang maha esa dengan struktur dan fungsi yang sangat tepat kalau dibandingkan den Manusia Sebagai Makhluk Sosial Yang Hidup Bermasyarakat
Sosial dalam bermasyarakat

Karena insan dikatakan makhluk sosial maka dengan itu insan tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, baik sendiri dalam kontek fisik maupun dalam kontek sosial budaya. Terutama dalam kontek sosial budaya, ini sanggup kita lihat dengan terang bahwa insan juga membutuhkan insan lainnya untuk saling berkolaborasi dalam pemenuhan fungsi fungsi sosial satu dengan yang lainnya.


Fungsi fungsi sosial insan lahir dari kebutuhan akan fungsi tersebut oleh orang lain, dengan demikian produktivitas fungsional dikendalikan oleh banyak sekali macam kebutuhan manusia.  Secara individual insan mempunyai kebutuhan satu sama lain menyerupai membutuhkan kelompok lain untuk menghidupkan satu sama lain.

Sosiologi beropini bahwa tindakan awal dalam penyelarasan fungsi fungsi sosial dan banyak sekali kebutuhan insan diawali dengan melaksanakan interaksi sosial atau tindakan komunikasi antara individu satu dengan yang lainnya. Tindakan ini dilakukan melalui acara sosial dan juga komunikasi yang sanggup dilakukan secara mulut dan juga non mulut maupun dengan cara simbolis.

Dengan adanya interaksi sosial antara beberapa individu maka lahirlah norma norma yang bersifat atau bernilai sosial dalam bermasyarakat. Sebagaimana yang dijelaskan di atas maka interaksi sosial dalam kelompok bermasyarakat sanggup dikatakan atau bisa disebutkan dengan tindakan komunikasi perspektif sosiologi dan ini menjadi objek pengamatan sosiologi komunikasi.

Fokus interaksi sosial dalam masyarakat yaitu komunikasi itu sendiri yang terjadi antar individu. Sebagaimana dijelaskan dalam buku sosiologi bahwa komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Manusia Sebagai Makhluk Sosial Yang Hidup Bermasyarakat"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close