Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Pengertian Metode penelitian merupakan suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan – peraturan yang terdapat dalam penelitian. Singkatnya metode penelitian sanggup diartikan sebagai cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan. Metode dan rancangan penelitian memilih validnya penelitian. Dalam pecahan ini akan diuraikan metode penelitian yang dipakai oleh peneliti, mencakup studi kasus, subjek penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data.
Metode Penelitian Kualitatif

Menurut Prof. Dr. Sugiyono (2005 : 1) metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang dipakai untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya ialah eksperimen). Dalam penelitian kualitatif, peneliti ialah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisi data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

 merupakan suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan  Pengertian Metode Penelitian Kualitatif
Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif muncul lantaran terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu realitas/fenomene/gejala. Penelitian kualitatif bertitik tolak dari paradigma fenomenologis yang objektivisnya dibangun atas namanya situasi tertentu sebagaimana yang dihayati oleh individu atau kelompok social tertentu dan relevan dengan tujuan dari penelitian itu.

Dalam penelitian ini, peneliti memakai pendekatan kualitatif, ini ditujukan supaya peneliti sanggup memperoleh informasi secar detail mengenai imbas friendster terhadap siswa – siswi Sekolah Menengan Atas Negeri 62 Jakarta Timur kelas 3 angkatan 2008 – 2009. dengan memakai pendekatan kualitatif, memungkinkan peneliti untuk memperoleh data – data yang bersumber dari para siswa – siswi tersebut, sehingga peneliti sanggup menghasilkan data deskriptif sebagai salah satu contoh dalam penelitian skripsi ini. Metode yang dipakai dalam penelitian kali ini bersifat deskriptif. Dengan metode deskriptif, kita menghimpun data, menyusunnya secra sistematis, faktual dan cermat.

Sevilla, Ochave, Regal dan Uriarte (1993 : 61) menyampaikan metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi perihal keadaan – keadaan nyata kini (sementara berlangsung). Tujuan utama dalam memakai metode ini ialah untuk menggambarkan sifat suatu keadaan yang sementara berjalan dikala penelitian dilakukan dan menyelidiki alasannya – alasannya dari suatu tanda-tanda tertentu. Penelitian deskriptif memilih dan melaporkan keadaan sekarang.


Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah dengan melaksanakan wawancara ialah bentuk komunikasi antara dua orang melibatkan seseorang yang lain, memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan, menurut tujuan tertentu (Mulyana : 180).

Dalam penelitian kualitatif dikenal 3 jenis wawancara yang biasa dilakukan yakni, sebagai berikut:
  1. Wawancara percakapan informal.
    Wawancara cendurung bersifat terbuka dan tidak berstruktur sehingga wawancara seolah-olah dengan percakapan.
  2. Wawancara dengan memakai fatwa wawancara.
    Wawancara dengan fatwa wawancara pada umumnya dimaksudkan untuk kepentingan wawancara yang lebih mendalam dengan lebih memfokuskan masalah – masalah yang menjadi pokok dari minat penelitian.
  3. Wawancara dengan memakai open-ended standard.
    Wawancara jenis ini bersifat mendetail. Pertanyaan – pertanyaan yang diberikan lebih berstruktur dibandingkan kedua jenis wawancara yang lain. (Pawito 2007 : 132)
Dengan wawancara, peneiti sanggup mengetahui lebih dalam perihal topik yang diteliti. Wawancara bertujuan supaya penulis eksklusif sanggup mendapat tanggapan eksklusif dari narasumber.

Jenis Data
Data yang akan dipakai dalam penelitian ialah data primer dan data sekunder.
a. Data Primer
Menurut Umar (2003 : 56), data primer merupakan data yang diperoleh eksklusif di lapangan oleh peneliti sebagai obyek penulisan. Metode wawancara mendalam atau in-depth interview dipergunakan untuk memperoleh data dengan metode wawancara dengan narasumber yang akan diwawancarai.

Wawancara akan dilakukan peneliti ialah wawancara dengan fatwa wawancara. Wawancara dengan penggunaan fatwa (interview guide) dimaksudkan untuk wawancara yang lebih mendalam dengan memfokuskan pada masalah – pesoalan yang akan diteliti. Pedoman wawancara biasanya tak berisi pertanyaan – pertanyaan yang mendetail, tetapi sekedar garis besar perihal data atau informasi apa yang ingin didapatkan dari narasumber yang nanti sanggup disumbangkan dengan memperhatikan perkembangan konteks dan situasi wawancara.

b. Data Sekunder
Menurut Sugiyono (2005 : 62), data sekunder ialah data yang tidak eksklusif memperlihatkan data kepada peneliti, contohnya penelitian harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen. Data ini diperoleh dengan memakai studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku dan diperoleh menurut catatan – catatan yang berafiliasi dengan penelitian, selain itu peneliti mempergunakan data yang diperoleh dari internet.

Narasumber
Narasumber ialah orang yang menjadi sumber informasi (Hari Wijaya dan Djaelani 2004 : 40). Untuk mendapat informasi yang dibutuhkan, peneliti akan mewawancarai narasumber yaitu beberapa siswa dan siswi Sekolah Menengan Atas Negeri 62, Guru Komputer Sekolah dan Penjaga warnet.

Metode Analisis Data
Analisis data merupakan proses dimana data yang telah ada disederhanakan ke dalam bentuk yang lebih gampang lagi untuk dibaca dan diinterpretasikan finalis data dengan interpretasi data merupakan upaya untuk memperoleh arti dan makna yang lebih mendalam dan luas terhadap hasil penelitian yang akan dilakukan. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan cara meninjau hasil penelitian secara kritis dengan teori yang relevan dan informasi masyarakat yang diperoleh dari penelitian. (Moleong, 2004 : 151).

Setelah memperoleh data melalui metode wawancara, peneliti mulai mangorganisasikan data – data tersebut dengan mendengarkan hasil rekaman wawancara secara berulang –ulang. Dengan demikian data – data yang diperoleh sanggup diadaptasi dengan teori dan permasalahan penelitian yang dilakukan sebelumnya.
Sumber: zorayapelu.blogspot.com

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Metode Penelitian Kualitatif"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close