Proses Interaksi Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Proses Interaksi Sosial dalam Masyarakat | Menurut Gillin dalam buku komunikasi politik, menjelaskan bahwa ada dua golongan proses sosial sebagai tanggapan dari interaksi sosial. Proses ini juga menurut teori dan sanggup Anda ketahui dalam artikel yang kami paparkan ini. Proses sosial sebagaimana ada dalam masyarakat yakni, proses sosial asosiatif dan proses sosial disosiatif.

Proses Sosial Asosiatif
Proses asosiatif merupakan sebuah proses yang terjadi saling pengertian dan kolaborasi timbal balik antara orang yang satu dengan orang yang lainnya, kelompok satu dengan kelompok lainnya, dimana proses ini menghasilkan pencapaian tujuan tujuan bersama.

Proses Interaksi Sosial dalam Masyarakat  Proses Interaksi Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Kerja sama cooperation yaitu bentuk perjuangan bersama antara individu atau kelompok untuk mencapai satu atau beberapa tujuan secara bersama. Proses terjadinya cooperation lahir apa jika individu atau kelompok tertentu menyadari adanya kepentingan dan bahaya yang sama. Tujuan tujuan yang sama akan membuat cooperation diantara individu dan kelompok guna untuk mencapai sebuah tujuan.

Adapun beberapa bentuk cooperation yang sanggup anda ketahui yakni sebagai berikut:
  1. Gotong royong dan kerja bakti.
    Gotong royong merupakan sebuah proses kolaborasi yang terjadi di lingkungan masyarakat, dan ini biasa terjadi dikalangan masyarakat pedesaan. Tujuan dari proses kolaborasi ini saling pundak membahu serta saling membantu antara individu yang satu dengan individu lainnya.
  2. Bargaining.
    Merupakan proses kerjasama dalam bentuk perjanjian, pertukaran kepentingan, kekuasaan, barang barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih yang terjadi di bidang politik, budaya, ekonomi, aturan maupun militer.
  3. Co-optation.
    Merupakan proses kerjasama yang terjadi diantara individu dan kelompok yang terlibat dalam sebuah organisasi atau negara dimana terjaninya proses penerimaan unsur unsur gres dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi untuk membuat stabilitas.
  4. Coalition.
    Merupakan dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan tujuan yang sama lalu melaksanakan kerjasama atau dengan yang lainnya guna untuk tercapai tujuan tersebut.
  5. Joint- venture.
    Merupakan kolaborasi dua atau lebih organisasi perusahaan dibidang bisnis untuk mengerjakan proyek proyek tertentu. Misalnya eksplorasi tambang watu bara, penangkapan ikan, pengeboran minyak, penambangan emas dan sebagainya, dimana acara ini membutuhkan modal dan SDM yang besar sehingga perlunya kolaborasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Proses Sosial Disosiatif
Ini merupakan proses perlawanan yang dilakukan oleh individu inddividu atau kelompok dalam proses sosial diantara mereka pada suatu masyarakat. Oposisi diartikan sebagai cara berjuang melawan seseorang atau kelompok tertentu atau norma dan nilai yang dianggap tidak mendukung perubahan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bentuk bentuk proses disosiatif yaitu persaingan, kompetisi, dan konflik.


Berikut klarifikasi mengenai proses disosiatif ibarat persaingan, kompetisi dan konflik yakni sebagai berikut:
  1. Persaingan merupakan proses sosial dimana individu atau kelompok berjuan dan bersaing untuk mencari laba pada bidang bidang kehidupan yang menjadi sentra perhatian umum dengan cara menarik perhatian publik atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada, namun tanpa unsur bahaya dan kekerasan.
  2. Kontroversi merupakan proses sosial yang berada antara persaingan dan kontradiksi atau pertikaian. Ini merupakan proses sosial dimana terjadi kontradiksi pada tataran konsep dan wacana, sedangkan kontradiksi sudah memasuki unsur kekerasan atau bahaya atau proses sosial lainnya.
  3. Konflik merupakan proses sosial dimana individu atau pun kelompok menyadari mempunyai perbedaan perbedaan. Misalnya dalam ciri badainah, emosi, unsur kebudayaan, contoh perilaku, prinsip, politik, ideologi maupun kepentingan dengan pihak lain.

Demikian klarifikasi proses interaksi sosial dari irman fsp dalam blognya. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi rujukan isu yang anda cari. Baca juga isu lainnya dalam situs irman fsp, alasannya banyak isu lainnya terkait dalam materi kampus ilmu komunikasi yang kami uraikan dalam situs  irman fsp ini

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Proses Interaksi Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close