Tujuan Public Relation Atau Pr

Tujuan utama dari public relation adalah mempengaruhi sikap orang secara individu maupun kelompok ketika saling berhubungan, melalui obrolan dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan (Davis, 2003). Tujuan lain dari public relation juga membangun kekerabatan atau jaringan perusahaan dimana perusahaan yang satu sanggup bekerja sama dengan baik antara perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Tujuan utama dari public relation ialah Tujuan Public Relation atau PR
Public Relation

Dengan menumbuhkan gambaran perusahaan yang baik terhadap publik, maka sanggup menumbuhkan kepercayaan terhadap perusahaan yang lainnya. Produk atau jasa yang diperdagangkan juga sanggup meningkat tajam dengan adanya tugas dari public relation. Maka dengan itu public relation sangat berperan pada sebuah perusahaan.

Menurut Rosady Ruslan (2001, 246) tujuan public relation ialah sebagai berikut:
  1. Menumbuhkembangkan gambaran perusahaan yang nyata untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
  2. Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik target dengan perusahaan.
  3. Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
  4. Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
  5. Mendukung bauran pemasaran.


Jefkins (2003, 54) mendefinisikan dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan tujuan public relation dalam sebuah perusahaan, beberapa diantaranya yang pokok ialah sebagai berikut:
  1. Untuk mengubah gambaran umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan gres yang dilakukan oleh perusahaan.
  2. Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
  3. Untuk menyebarluaskan suatu kisah sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapat pengakuan.
  4. Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar baru.
  5. Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham gres atau saham tambahan.
  6. Untuk memperbaiki korelasi antar perusahaan itu dengan masyarakatnya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu kejadian yang menyebabkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan masyarakat terhadap niat baik perusahaan.
  7. Untuk mendidik konsumen semoga mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.
  8. Untuk meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan bisa bertahan atau bangun kembali sehabis terjadinya suatu krisis.
  9. Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko pengambilalihan oleh pihak lain.
  10. Untuk membuat identitas perusahaan yang baru.
  11. Untuk menyebarluaskan isu mengenai kegiatan dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
  12. Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
  13. Untuk memastikan bahwa para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, semoga perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan.
  14. Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan, semoga masyarakat luas mengetahui betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam banyak sekali hal.

Secara keseluruhan tujuan dari public relation ialah untuk membuat gambaran baik perusahaan sehingga sanggup menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan (Mulyana, 2007). Selain itu public relation bertujuan untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap kebijaksanaan yang menyenangkan bagi forum atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi yang serasi dan timbal balik (Maria, 2002).

Demikian isu terkait peran serta tujuan public relation (PR) sebagai mana dijelaskan di atas. Public relation sangat penting disetiap perusahaan guna untuk membuatkan perusahaan serta membangun korelasi baik dengan forum atau perusahaan lainnya

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tujuan Public Relation Atau Pr"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close