Definisi Komunikasi Dalam Banyak Sekali Versi (Menurut Para Ahli)

Definisi komunikasi dalam banyak sekali versi merupakan ungkapan para hebat berdasarkan rujukan yang jelas. Artinya, dari sekian banyak pendapat para hebat terkait dengan pengertian yang ada. Maka, berdasarkan pengamatan bervariasi. Namun, semua pendapat dari beberapa pakar ini tujuannya yaitu sama. Seperti ungkapan salah satu para hebat yakni, Onong Uchjana Effendy, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara verbal (langsung) atau pun tidak pribadi (melalui media).

Makara dalam artikel ini, mengumpulkan 30 pendapat para hebat terkait dengan definisi atau pengertian komunikasi dalam banyak sekali versi bertujuan untuk sanggup memudahkan pembaca bagi yang sedang membutuhkan sebagai bahan ilmu komunikasi. Beberapa pengertian komunikasi ini juga sudah kami kumpulkan dari banyak sekali sumber rujukan yang ada, mulai dari buku, jurnal, internet yang berdasarkan pendapat kami sanggup dipercaya.

Definisi komunikasi dalam banyak sekali versi  Definisi Komunikasi Dalam Berbagai Versi (Menurut Para Ahli)

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli Dalam Berbagai Versi
Berikut ungkapan para hebat terkait dengan definisi atau pengertian komunikasi dalam banyak sekali versi yakni, di bawah ini:

  1. Everett M. Rogers: Komunikasi yaitu proses dimana suatu inspirasi dialihkan dari sumber kepada suatu peserta atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laris mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Dedy Mulyana., 2015; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  2. Rogers & D. Lawrence Kincaid: Komunikasi yaitu suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melaksanakan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan datang pada saling pengertian yang mendalam. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998;20., pengantar Ilmu komunikasi)
  3. Shannon & Weaver: Komunikasi yaitu bentuk interaksi insan yang saling imbas menghipnotis satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi memakai bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 20., pengantar Ilmu komunikasi)
  4. David K. Berlo: Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berkhasiat untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 3., pengantar Ilmu komunikasi)
  5. Harorl D. Lasswell: Komunikasi intinya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, menyampaikan apa, dengan jalan masuk apa, kepada siapa? Dengan jawaban apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?) (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 19., pengantar Ilmu komunikasi) (Dedy Mulyana., 2005; 69., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  6. Steven: Komunikasi juga sanggup terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc., 1998; 19., pengantar Ilmu komunikasi)
  7. Raymond S. Ross: Komunikasi yaitu suatu proses menyortir, menentukan dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator. (Dedy Mulyana., 2005; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  8. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri: Komunikasi yaitu pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada peserta biar sanggup dipahami. (Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003; 4)
  9. Bernard Berelson & Gary A. Steiner: komunikasi yaitu transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan memakai simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi (dedy Mulyana., 2005; 68., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  10. Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot: Komunikasi yaitu suatu perjuangan untuk memperoleh makna (Dedy Mulyana., 2005; 68., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  11. Menurut Carl I.Hovland: komunikasi yaitu proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) memberikan rangsangan untuk mengubah sikap orang lain (Dedy Mulyana., 2005; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  12. Menurut Harorl D. Lasswell: Komunikasi intinya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, menyampaikan apa, dengan jalan masuk apa, kepada siapa? Dengan jawaban apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?) (Dedy Mulyana., 2005; 62., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  13. Judy C pearson & Paul E melson: Komunikasi yaitu Proses memahami dan membuatkan makna (Dedy Mulyana., 2005; 69., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  14. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss: Komunikasi yaitu proses makna diantara dua orang atau lebih (Dedy Mulyana., 2005; 69., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  15. Menurut William I. Gordon: Komunikasi secara ringkas sanggup didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan (Dedy Mulyana., 2005; 69., Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar)
  16. Menurut M. Djenamar. SH, (Komunikasi dan pidato., 1986;2) Komunikasi yaitu seni untuk memberikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.
  17. Menurut William Albig: (Komunikasi, persuasi, & rektorika, 1983; 13) komunikasi yaitu proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.
  18. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri: (Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003;4) Komunikasi yaitu pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada peserta biar sanggup dipahami.
  19. Menurut Anwar arifin (1988; 17) komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi sanggup dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para hebat ilmu sosial melaksanakan penelitian dengan memakai pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada aktivitas insan dan kaitan pesan dengan perilaku.
  20. Markman, 1981: Murphy & Mendelson. (1973) Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.
  21. Aristoteles: Komunikasi yaitu alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi (Ruben, 2002; 21)
  22. Drs. Redi Panuju, Msi: (2001; 1) Komunikasi merupakan sistem fatwa yang menghubungkan dan kinerja antar bab dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.
  23. Hoben, Simbol/verbal/ujaran, komunikasi yaitu pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.
  24. Anderson: Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.
  25. Barnlund: 1964, Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  26. Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), komunikasi yaitu upaya yang bertujuan membuatkan untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan yaitu tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  27. Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain menjelaskan bahwa komunikasi yaitu suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, gejala atau tingkah laku.
  28. Komunikasi yaitu suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) memberikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk sikap orang-orang lainnya (khalayak). (Hovland, Janis & Kelley: 1953)
  29. Komunikasi yaitu suatu proses yang menciptakan sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. (Gode, 1959)
  30. Komunikasi yaitu suatu proses yang menghubungkan satu bab dengan bab lainnya dalam kehidupan (Ruesch, 1957).

Demikian informasi terkait dengan definisi atau sering disebut pengertian dari komunikasi dalam banyak sekali versi. Pendapat pendapat yang ada, merupakan klarifikasi dari 30 para hebat yang telah menjadi referensi. Bagi anda yang sedang membutuhkan bahan perkuliahan, maka sanggup menjadi teladan serta bacaan guna untuk menambahkan wawasan ilmu komunikasi.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Definisi Komunikasi Dalam Banyak Sekali Versi (Menurut Para Ahli)"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close