Pengertian Komunikasi Intrapersonal

- Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dariindividu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirimsekaligus peserta pesan, memperlihatkan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internalyang berkelanjutan.

Komunikasi intrapersonal dapat menjadi pemicu bentuk komunikasi yanglainnya. Pengetahuan mengenai diri pribadi melalui proses-proses psikologis menyerupai persepsi dankesadaran (awareness) terjadi ketika berlangsungnya komunikasi intrapribadi oleh komunikator.Untuk memahami apa yang terjadi ketika orang saling berkomunikasi, maka seseorang perluuntuk mengenal diri mereka sendiri dan orang lain.

 penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri Pengertian Komunikasi Intrapersonal
contoh komunikasi intrapersonal

Karena pemahaman ini diperoleh melalui proses persepsi. Maka intinya letak persepsi ialah pada orang yang mempersepsik, bukan pada suatu ungkapan ataupun obyek. Aktivitas atau teladan dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah; berdo’a, bersyukur, instrospeksi diri dengan meninjau perbuatan kitadan reaksi hati nurani kita, mendayagunakan kehendak bebas, dan berimajinasi secarakreatif.

Pemahaman diri pribadi ini berkembang sejalan dengan perubahan perubahan yang terjadidalam hidup kita. Kita tidak terlahir dengan pemahaman akan siapa diri kita, tetapi prilaku kitaselama ini memainkan peranan penting bagaimana kita membangun pemahaman diri pribadi ini. Kesadaran pribadi (self awareness) mempunyai beberapa elemen yang mengacu pada identitasspesifik dari individu (Fisher 1987:134).


Elemen dari kesadaran diri ialah konsep diri, prosesmenghargai diri sendiri (self esteem), dan identitas diri kita yang berbeda beda (multiple selves). Namun, pada tahun 1992, sebuah penggalan dalam komunikasi, beropini bahwa “komunikasi intrapersonal” ialah sebuah konsep yang cacat. Bab ini pertama diperinci aneka macam definisi. Komunikasi intrapersonal, tampak, muncul dari serangkaian kejanggalan logis dan linguistik.

Pengertian ihwal “communicaton intrapersonal” itu sendiri ialah ambigu: banyak definisi tampak melingkar alasannya mereka meminjam, menerapkan dan dengan demikianmendistorsi fitur konseptual (misalnya, pengirim, penerima, pesan, dialog) ditarik darikomunikasi antar-orang normal, tidak diketahui entitas atau orang -bagian yang diduga melaksanakan “intrapersonal” tukar, dalam banyak kasus, sebuah bahasa yang sangat pribadi yang mengemukakan, sehabis analisis, ternyata benar-benar sanggup diakses dan kesudahannya tidak sanggup dipertahankan.

Secara umum, komunikasi intrapersonal tampaknya timbul dari kecenderungan untuk menafsirkan proses mental batin yang mendahului dan menyertai sikap komunikatif kita seperti mereka juga jenis lain proses komunikasi. Demikian pengertian komunikasi interpersonal yang sanggup kami utarakan dalam artikel ini, biar bermanfaat dan sanggup berkhasiat bagi anda.
Sumber: academia.edu

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Komunikasi Intrapersonal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close