Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Perusahaan

| Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau ‘common” dalam Bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna, "commonness". Atau dengan ungkapan yang lain, melalui komunikasi kita mencoba menyebarkan informasi, gagasan atau perilaku kita dengan partisipan lainnya. Kendala utama dalam berkomunikasi ialah seringkali kita mempunyai makna yang berbeda terhadap lambang yang sama.

Sebagai makhluk sosial, di dalam kehidupannya sehari hari, insan harus melaksanakan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Dalam komunikasi, insan membutuhkan orang lain atau suatu kelompok untuk melaksanakan interaksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi insan terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama kelompok dan masyarakat.

 Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Perusahaan


Di dalam organisasi atau perusahaan tersebut biasanya selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan berjalannya suatu organisasi atau perusahaan, yang terdiri dari pimpinan dan karyawan atau anggota.

Diantara kedua belah pihak harus terjalin two way communications atau komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik. Untuk itu, diharapkan kolaborasi untuk yang diharapkan untuk mencapai cita cita, baik cita cita pribadi atau organisasi / perusahaan, untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang diinginkan. Komunikasi dan Interaksi yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu cita-cita masing masing individu untuk memperoleh hasil yang faktual dan sanggup memperlihatkan manfaat untuk kelanjutan hidup mereka.


Bila target komunikasi sanggup diterapkan di dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka target yang dituju akan beraneka ragam tetapi tujuan utamanya tentulah untuk mempersatukan individu individu yang tergabung di dalam organisasi atau perusahaan tersebut.

Berdasarkan sifat komunikasi dan jumlah komunikasi, komunikasi sanggup di golongkan ke dalam tiga kategori:
  1. Komunikasi Antar Pribadi
    Komunikasi ini penerapannya antara pribadi/individu dalam perjuangan memberikan warta yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga dengan demikian sanggup tercapai cita-cita bersama.
  2. Komunikasi Kelompok
    Pada prinsipnya dalam melaksanakan suatu komunikasi yang ditekankan ialah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas. Dalam perjuangan memberikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak menyerupai komunikasi antar pribadi. 
  3. Komunikasi Massa
    Komunikasi massa dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang mencakup cetak dan elektronik.

Dengan landasan konsep-konsep komunikasi sebagaimana yang telah diuraikan, maka kita sanggup memberi batasan ihwal komunikasi dalam organisasi atau perusahaan secara sederhana, yaitu komunikasi antar insan (human communication) yang terjadi dalam kontek organisasi atau perusahaan. Atau dengan meminjam definisi dari Goldhaber, komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergabung satu sama lain (the flow of messages within a network of interdependent relationships).


Sebagaimana telah disebut terdahulu, bahwa arus komunikasi dalam organisasi mencakup komunikasi vertikal dan komunikasi horisontal. Masing-masing arus komunikasi tersebut mempunyai perbedaan fungsi yang sangat tegas. Berikut ialah pengertian dan fungsinya :

1. Downward Communications
Downward Communications ialah komunikasi yang berlangsung saat orang-orang yang berada pada tataran administrasi mengirimkan pesan kepada bawahannya. Fungsi arus komunikasi dari atas ke bawah ini adalah: 
  • Pemberian atau penyimpanan arahan kerja (job instruction).
  • Penjelasan dari pimpinan ihwal mengapa suatu kiprah perlu untuk dilaksanakan (job retionnale)
  • Penyampaian warta mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)
  • Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.

2. Upward Communication
Upward Communication ialah komunikasi yang terjadi saat bawahan (subordinate) mengirim pesan kepada atasannya. 
Fungsi arus komunikasi dari bawah ke atas ini adalah:
  • Penyampaian informai ihwal pekerjaan pekerjaan ataupun kiprah yang sudah dilaksanakan
  • Penyampaian warta ihwal persoalan-persoalan pekerjaan ataupun kiprah yang tidak sanggup diselesaikan oleh bawahan
  • Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan
  • Penyampaian keluhan dari bawahan ihwal dirinya sendiri maupun pekerjaannya.

3. Horizontal Communication
Horizontal Communication ialah tindak komunikasi ini berlangsung di antara para karyawan ataupun bab yang mempunyai kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:
  • Memperbaiki koordinasi tugas
  • Upaya pemecahan masalah
  • Saling menyebarkan informasi
  • pemecahan konflik
  • Membina kekerabatan melalui aktivitas bersama.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Perusahaan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close