Materi Tik Kelas 7 - Tempat Blogging

Materi Tik Kelas 7

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berbagai Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi



Banyak sekali peralatan teknologi yang sanggup dipergunakan
sebagai sarana komunikasi, hampir setiap hari insan dihadapkan dengan
teknologi. Sejak berdiri tidur hingga menjelang tidur lagi insan tidak lepas dari peralatan teknologi.


Peralatan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam
pembahasan ini yaitu terfokus pada segala sesuatu yang berkaitan dengan
piranti computer.  Sebelumnya kita kaji
dulu apa itu yang namanya computer. Komputer yaitu serangkaian ataupun
sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen
yang sanggup saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi
dan teliti. Sistem ini kemudian sanggup digunakan untuk melaksanakan serangkaian
pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan isyarat ataupun jadwal yang diberikan
kepadanya.


Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat;

Alat yang bisa digunakan untuk membantu insan dalam
menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya
program dan manusia. Pengertian insan kemudian dikenal dengan istilah
brainware (perangkat manusia. Pengertian brianware ini bisa mencakup
orang-orang yang bekerja secara eksklusif dengan memakai komputer sebagai
alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara eksklusif menggunakan
komputer, tetapi mendapatkan hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.


Dalam pengoperasian, bentuk, system dan fungsi computer
dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni perangkat keras (Hardware) dan perangkat
lunak (Software).


Perangkat Keras (Hardware)


Hardware merupakan perangkat keras yang terdapat pada system
komputer. Hardware terdiri dari beberapa bagian, antara lain :


    1. Alat input
    2. Alat proses
    3. Alat output

Alat Input


Macam-macam Alat input :


A. Keyboard


Keyboard yaitu media bagi si pemakai komputer untuk dapat
berkomunikasi dengan computer.  Sebagai
alat input keyboard berfungsi untuk memasukkan data yang diberikan oleh
pengguna computer untuk kemudian data tersebut akan diproses oleh CPU.



Keyboard terdiri atas 4 (empat) cuilan yaitu:


1. Tombol Ketik (Type Writer key)

yaitu tombol untuk pengetikkan. Susunan hurufnya hampir sama
dengan susunan tombol pada mesin ketik, hanya perbedaannya, tombol ini
mempunyai sifat typematic, artinya akan melaksanakan perulangan ketik apabila
tombolnya ditekan terus menerus.


Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7


Yang termasuk dalam cuilan ini yaitu tombol semua huruf
(Q,W,E,R,T,Y dst.) dan tombol-tombol lainnya mirip :



Tombol Tab

berfungsinya untuk mendorong kursor
masuk ke dalam paragraf sesuai indentasi



Tombol CapsLock

berfungsinya untuk membuat seluruh
huruf menjadi abjad kapital (huruf besar).Pada ketika Anda menekan tombol ini,
maka lampu indikator CapsLock yang terletak di pojok kanan atas keyboard akan
menyala, membuktikan fungsi CapsLock sedang aktif. Untuk menon-aktifkannya,
tekan tombol ini sekali lagi.



Tombol Shift

berfungsinya antara lain membuat huruf
menjadi abjad kapital (huruf besar) sepanjang tombol Shift tetap ditekan,
sementara untuk beberapa program, dikombinasikan dengan tombol fungsi, tombol
Shift + F1 s/d F12 mempunyai fungsi yang berbeda-beda.


Tombol Ctrl dan tombol Alt

berfuntuk beberapa
program, dikombinasikan dengan tombol fungsi, + F1 s/d F12, dengan tombol Shift
atau dengan huruf, maka akan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Misalnya pada
Word for Windows, Ctrl + B berfungsi untuk mencetak tebal mirip ini,
sementara pada Wordstar, untuk mencetak tebal yaitu perintahnya yaitu Ctrl +
PB. Sementara kombinasi tombol Alt + F pada umumnya berfungsi untuk menampilkan
menu file.</li>



Tombol Backspace

berfungsinya untuk mendorong keluar
kursor hingga ke batas paling kiri, juga digunakan untuk menghapus per karakter
dimulai dari posisi didepan kursor.


Tombol Enter

berfungsinya untuk memberikan konfirmasi
kepada komputer terhadap data/perintah yang kita ketik, kebalikan dari fungsi
tombol Escape (Esc), yaitu untuk membatalkan perintah.


Tombol Escape atau Esc

berfungsinya untuk membatalkan
input melalui keyboard (hanya bisa berfungsi sebelum menekan tombol
Enter).



2. Tombol Fungsi (Function key)


Letaknya persis diatas tombol ketik (perhatikan gambar
disebelah kiri), ditandai dengan tombol F1 hingga tombol F12. Masing-masing
tombol mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan aplikasi jadwal yang
digunakan. Misalnya saja tombol F10, pada aplikasi jadwal WordStar, berfungsi
untuk menyimpan data, sementara pada aplikasi jadwal Lotus, berfungsi untuk
menampilkan grafik.



3. Tombol Pergerakan Kursor (Cursor movement)


Fungsinya untuk menggerakkan kursor. Terletak di sebelah
kanan tombol ketik.


  • Tombol bergambar arah panah, fungsinya menggerakan kursor
    sesuai arah panah.
  • Tombol Page Up menggerakkan kursor 1 layar ke atas sedangkan
    Page Down menggerakkan kursor 1 layar ke bawah.
  • Tombol Home, menggerakkan
    kursor berpindah ke awal baris, sementara tombol End memindahkan kursor ke
    akhir baris.
  • Tombol Insert berfungsi untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan
    fungsi penyisipan kata/kalimat pada posisi kursor sementera tombol Delete
    berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi kursor.


Jika dikombinasikan penggunaannya dengan tombol Ctrl, pada
beberapa jadwal text editor atau word processor, Ctrl + PageUp berfungsi
memindahkan kursor ke awal baris pada paragraf pertama, sementara Ctrl +
PageDown kebalikannya, yaitu memindahkan kursor ke final baris pada paragraf terakhir
tetapi masih di halaman yang sama. Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal
baris pada halaman pertama, sementara Ctrl + End akan memindahkan kursor ke
akhir baris pada halaman terakhir.



4. Tombol Papan Angka (Numeric Keypad)


Fungsinya untuk mengetikkan angka apabila tombol Num Lock di
aktifkan. Apabila tombol Num Lock tidak diaktifkan, fungsinya berubah menjadi
tombol-tombol untuk menggerakkan kursor.



Kini juga sudah ada beberapa jenis keyboard dengan tambahan
beberapa tombol khusus untuk sejumlah kemudahan fasilitas. Internet Keyboard
misalnya, yaitu keyboard biasa dengan aksesori beberapa tombol yang mempunyai
fungsinya sebagai short-cut dalam berinternet. LAN-Keyboard , yaitu keyboard
khusus dengan aksesori beberapa tombol yang mempunyai fungsinya sebagai
short-cut dalam suatu jaringan komputer.



B. Mouse

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7Pasti banyak dari kalian yang sudah memakai mouse
komputer. yaitu alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer
selain keyboard.

Mouse memperoleh nama demikian lantaran kabel yang menjulur
berbentuk mirip ekor tikus.


 Dalam bahasa indonesia dinamakan dengan tetikus. Mouse
pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan
satu tombol. 

Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer
yang sanggup mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan
nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).


 

Jenis pengoperasian mouse antara lain sebagai berikut.


  • Klik atau menekan mouse satu kali pada tombol
    kiri. Fungsinya untuk melaksanakan perintah sesuai dengan objek yang diinginkan,
    kemudian lepas dengan cepat.
  • Klik ganda (double click) atau menekan mouse dua
    kali pada tombol kiri, kemudian lepas dengan cepat.
  • Klik kanan (right click) atau menekan tombol mouse
    satu kali pada tombol kanan, kemudia lepas dengan cepat.
  • Geser dan lepas (drag and drop) menekan tombol
    mouse satu kali pada tombol kiri dengan menahan dan menggeser fungsinya untuk
    memblok atau menghitamkan posisis teks/naskah yang diinginkan.


C. Scanner


Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi mirip mesin
fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya
diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat
menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya.

Hasil scanner ditampilkan
pada layar monitor komputer dahulu kemudian gres sanggup diubah dan dimodifikasi
sehingga tampilan dan hasilnya menjadi anggun yang kemudian sanggup disimpan
sebagai file, teks, dokumen dan gambar.


Perangkat input scanner sanggup berupa pembaca mengenal
karakter tinta magnetic atau magnetic ink character recognition (MICR) dan
optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada
suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetic yang hanya bisa dibaca dengan
perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia.


Optical Data Reader hamper mirip MICR, namun lebih
fleksibel yang sanggup berupa Optical Character Recognition (OCR) reader, OCR
text reader, barcode wand dan Optical Mark Recognition (OMR) reader. OCR reader
dapat membaca dokumen baik yang ditulis dengan abjad cetak maupun tulisan
tangan. OCR text reader banyak digunakan di took-toko atau gudang untuk membaca
label data barang dalam bentuk (font) karakter OCR. 

Barcode wand adalah
perangkat yang digunakan untuk membaca label data barang yang berbentuk
kode-kode barang (bar), yang ketika ini digunakan hampir sebagian besar
supermarket untuk mendeteksi harga barang. OMR reader banyak digunakan untuk
penilaian tes (test scoring), jawaban dari tes diberikan pada kertas mark sense
form, yang berupa lingkaran-lingkaran keil yang biasanya harus diisi dengan
menggunakan pensil 2B.


Alat proses


Alat Proses yaitu peralatan yang berfungsi untuk memproses
data sehabis melewati alat input. Alat proses dalam unit computer dikelan
dengan Central Processing Unit (CPU).


Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7

Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya
kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari
komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai daerah untuk
melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya:
mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengi-ngat, mengurutkan
maupun membandingkan


Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi:

            • Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk
              me-nyimpan data dan program.
            • ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan
              perbagai macam perhitungan.
            • Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh
              operasi komputer.

Data yaitu sesuatu yang belum mempunyai arti bagi
penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.


Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf,
angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan
sebagai materi untuk melihat lingkungan, obyek, insiden ataupun suatu konsep
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi,
ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang mempunyai nilai tertentu, dan bisa
digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.


Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan
informasi yaitu suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga
bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.


Alat Output



Alat Output Komputer atau istilah lain Output Device Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data.



Peralatan output sanggup berupa :


  1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
    mencetak goresan pena dan image pada media keras mirip kertas atau film. Sifatnya
    permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan sanggup dibawa
    ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini yaitu printer, plotter, dan
    alat microfilm.
  2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
    menampilkan goresan pena dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
    Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
  3. Drive device atau driver, yaitu alat yang
    digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya sanggup dibaca oleh mesin
    pada media mirip magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda,
    sebagai alat output dan juga sebagai alat input memakai media magnetic disk
    misalnya yaitu disk drive, dan yang memakai media magnetic tape adalah
    tape drive.

Output yang dihasilkan dari pemroses sanggup digolongkan
menjadi empat bentuk :


  • Tulisan (huruf, angka, simbol khusus)
  • Image (dalam bentuk grafik atau gambar)
  • Suara
  • Bentuk lain yang sanggup dibaca oleh mesin
    (machine-readable form).


Tiga golongan pertama yaitu output yang sanggup digunakan
langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai
input untuk proses selanjutnya dari komputer.


Macam-macam Alat output :


1. Monitor



Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer.
Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat
menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output
monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer
lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yang
bila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja.



2. Monitor CRT (Cathode Ray
Tube)


Pada monitor jenis CRT, layar penampil
menggunakan tabung katoda. Cara kerja dari teknologi ini untuk memunculkan
tampilan pada monitor yaitu dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu
titik di layar.



Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7



Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang
dan diperlemah untuk sisi gelap.&nbsp; Teknologi CRT merupakan teknologi
termurah dibanding dua jenis monitor lain, yaitu LCD dan Plasma Gas. Walaupun
begitu, resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk banyak sekali keperluan.



Adapun kekurangan dari teknologi CRT yaitu diperlukanya
teknologi listrik yang cukup besar dan mempunyai radiasi elektromagnetik yang
cukup kuat.


3. Monitor LCD (Liquid Crystal
Display)

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7Sebuah monitor LCD memakai teknologi
sejenis kristal liquid yang sanggup berpencar, bukan lagi memakai tabung
elektron mirip yang digunakan oleh monitor jenis CRT. Teknologi yang
dihasilkan berupa monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel.


 


Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi
yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena mampunyai bentuk yang pipih,
monitor jenis flat tersebut memakai energi yang kecil dan banyak digunakan
pada komputer–komputer portable.&nbsp; Kelebihan lain dari monitor LCD
adalah terdapatnya Brightness ratio yang telah menyentuh angka 350:1.


Brighness ratio merupakan perbandingan antara tempilan yang
paling gelap dengan tampilan yang paling terang. Beberapa waktu lalu, monitor
berjenis LCD ini masih mempunyai duduk masalah pada resolusi. Saat itu, monitor
dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram kalau dipekerjakan pada
resolusi 640 X 420. 

Tetapi duduk masalah tersebut sudah sanggup di atasi dengan teknik
anti aliasting. Dengan teknologi yang disajikan, rasanya pantas juga monitor
LCD untuk mematok harga yang lebih mahal di banding minitor berjenis
CRT.


4. Monitor Plasma Gas


Monitor berjenis
plasma merupakan penemuan gres dari teknologi yang digunakan oleh monitor.
Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD sanggup menghasilkan teknologi yang
membuat layar dengan ketipisan ibarat LCD dan sudut pandang yang dapat
selebar teknologi CRT. Teknologi plasma gas juga memakai fosfor seperti
pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas sanggup berpencar tanpa adanya
bantuan cahaya di belakang layar. Hal ini membuat energi yang diserap tidak
sebesar monitor CRT. Kontras warna yang di hasilkan pun lebih baik dari monitor
CRT. Monitor dengan teknologi Plasma Gas ini sanggup kita jumpai di berbagai
pertunjukan, kalau kita lihat ada monitor raksasa, itulah monitor yang
menggunakan teknologi plasma gas.



5. Printer



sebuah dokumen atau foto dalam komputer  semoga bisa di tuangkan dalam bentuk kertas
atau media lainya tentu membutuhkan printer sebagai alat cetakya. ada berbagai
merek printer yang beredar di pasaran mulai dari printer kecil yang digunakan
di kantor-kantor untuk mecetak dokumen hingga printer yang bisa mencetak poster
berukuran besar . berikut ini jenis-jenis printer dan cara kerjanya



a. Dot Matrik Printer


Jenis printer ini
sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas.


Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7


Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip honor dan
wartel. - Cara kerjanya yaitu : Didalam kepala printer (printhead) berisi
beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk
waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil
cetakan semakin anggun yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah
pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24- pin, 48-pin. Kecepatan
untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second
(cps).



b. Inkjet Printer.


Jenis printer ini sering digunakan
untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit 
dan tidak mengutamakan kecepatan, mirip mencetak surat di perkantoran
dan di rumah. cara kerjanya yaitu menyemprotkan cairan tinta ke kertas.
Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil
printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur
dengan pages per minute (ppm)</li>



c. Laser printer


ialah jenis printer yang
menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi.



Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi TIK Kelas 7



Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang anggun dalam
pencetakan grafik dan photo.






Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi


  1. Standar Kompetensi : Memahami Penggunaan Teknologi Informasi
    dan Komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
  2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Sejarah Perkembangan
    Teknologi Informasi dan Komunikasidari masa kemudian hingga sekarang.

1. Masa Perasejarah


a. (….s/d 3000 SM)



Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia
pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang
meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada
dinding-dinding gua, ihwal berburu dan hewan buruannya. Pada masa ini
mereka mulai melaksanakan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan
mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis
pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, lantaran kemampuan mereka dalam berbahasa
hanya berkisar pada bentuk bunyi dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk
awal komunikasi mereka pada masa ini.




Perkembangan selanjutnya yaitu diciptakan dan digunakannya
alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, mirip kendang ,terompet yang
terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan
terhadap bahaya.



b. (3000 SM s/d 1400 –an M)



Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi
teknologi masal mirip yang kalian kenal kini ini, teknologi informasi
masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus
dan biaya yang dikeluarkan banyak.



c. Masa 3000 SM



Untuk pertama kali goresan pena digunakan oleh bangsa Sumeria
dengan symbol-simbol yang dibuat dari pictograf sebagai huruf.



Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang
berbeda (penyebutan), sehingga bisa menjadi kata , kalimat dan bahasa.



2. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)


1) 2900 SM



Pengunaan abjad hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol
yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan
arti yang berbeda. Bentuk goresan pena dan bahasa heirogliph ini lebih maju
dibandingkan dengan goresan pena bangsa Sumeria.



2) 500 SM



Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari
serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis
atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan
tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.



3) 105 M



Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh
bangsa Cina pada masa ini yaitu kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini
dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan
dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang
dilakukan dengan memakai blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta
atau yang kalian kenal kini dengan sistem cap.



3. Masa Modern (1400-an M s/d sekarang) 


a. Tahun 1455


Mesin cetak yang memakai plat abjad terbuat dari besi
yang sanggup diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan
untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg



b. Tahun 1830


Augusta Lady Byron menulis jadwal komputer yang pertama di
dunia bekerja sama dengan Charles Babbage memakai mesin Analytical-nya.
Alat tersebut didesain bisa memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer
digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada
bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.



c. Tahun 1837


Samuel Morse membuatkan telegraf dan bahasa kode Morse
bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara
elektronik antara dua daerah yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan
kedua daerah tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini bisa dikirim
dan diterima pada ketika yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan
informasi sanggup diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa
dirintangi oleh jarak dan waktu.



d. Tahun 1861


Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar
pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film kini pada zaman dulu
proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.



e. Tahun 1876

Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang
mengembangkan sistem penulisan desimal.



f. Tahun 1877

  • Alexander Graham Bell membuat dan
    mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
  • Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh
    Edward Maybridge.


g. Tahun 1899



Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis
yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum
digital mirip masa sekarang.



h. Tahun 1923



Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn membuat tabung TV
yang pertama.



i. Tahun 1940



Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang
informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman
dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic
tape.



j. Tahun 1945



Vannevar Bush membuatkan sistem pengkodean menggunakan
hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan
perkembangan desain web site yang ketika ini berkembang.



k. Tahun 1946



Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama
di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi
teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.



l. Tahun 1948



Para peneliti di Bell Telephone membuatkan transistor.



m. Tahun 1957


  • Jean Hoerni membuatkan transistor
    planar.Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran
    transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
  • USSR (Rusia pada ketika itu) meluncurkan Sputnik
    sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai
    balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah
    kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk membuatkan ilmu pengetahuan
    dan teknologi informasi dalam bidang militer.

n. Tahun 1972



Pada masa ini Ray Tomlinson membuat jadwal E-mail
pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh memakai teks.E-mail
dapat dikatakan sebagai surat elektronik.



o. Tahun 1973-1990



Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai
TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian
dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun
1981 National Science Fondation membuatkan Backbone yang disebut CSNET
dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian
pada tahun 1986 IETF membuatkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.



p. Tahun 1991-Sekarang



Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika
CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para
anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan
istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC
untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan
data serta database (oleh AT&amp;T), jasa pendaftaran (oleh Network Solution
Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).

Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat
cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan insan dan menjadi
bagian yang tidak sanggup dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai
diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini
memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk membuatkan sistem dan alat yang lebih canggih.






SEJARAH KOMPUTER



Tahun 1822 gagasan komputer sebagai alat hitung muncul
ketika spesialis matematika berkebangsaan Inggris yaitu Charles Babbge
menciptakan alat hitung Difference engine untuk menghitung table matematika dan
tahun 1833 dikembangkan  menjadi
Analitycal engine yang sanggup melaksanakan penghitungan apa saja sehingga mesin
ini pertama kali dikenal dengan general purpose digital computer.

Sumbangan Charles Babbge sangat besar didunia computer
karena prinsip kerja kedua mesin itu dasar kerja computer kini yaitu adanya
peralatan input, memori computer, stored jadwal maka Charles Babbge dianggap
sebagai Bapak Komputer Modern.

Tahun 1937 Prof. Howard Aikem mahir matematika Universitas
havard mulai merancang pembuatan sebuah computer yang bisa melaksanakan operasi
aritmatika dan logika secara otomatis. Kemudian tahun 1944 komputer
terselesaikan dan diberi nama Havard Mark I Automatic Sequence-Controlled
Calculator (ASCC).

Sejak pertama kali komputer diciptakan hingga kini ,
sejarah perkembangan komputer telah mengalami 5 (lima) generasi dalam
pertumbuhannya.



Pembagian generasi komputer yaitu sebgai berikut :


1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)


  • program dibuat dalam bahasa mesin
  • menggunakan konsep stored program
  • komponen tabung hampa udara
  • proses kurang cepat dan cepat panas
  • ukuran fisik besar membutuhkan daya listrik
    besar
  • disimpan pada magnetic tape dan magnetic
    disk,&nbsp; Contoh: Komputer IBM 701 tahun 1953 dan IBM 705 tahun 1959


2. Komputer Generasi Kedua (1959-1965)


  • Program telah dibuat dengan bahasa tingkat
    tinggi
  • Kapasitas memori utama cukup besar
  • Komponen yang digunakan adalah
    transmitor
  • Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk
    berbentuk removable disk
  • Kemampuan proses real-time dan time
    sharing
  • Proses operasi cepat
  • Ukuran kecil dan daya listrik sedikit
  • orentasi pada aplikasi bisnis dan
    teknik,&nbsp; Contoh: Komputer PDP-5 dan PDP-8 pada tahun 1963, IBM 7070,
    IBM 1400, NCR 300.


3. Komputer Generasi ketiga (1965-1970)


  • Komponen yang digunakan IC (Itegrated
    Cricuits)
  • Proses opersinya jauh lebih cepat dan
    tepat
  • Kapsitas memori jauh lebih besar
  • Ukuran fisik jauh lebih kecil penggunaan listrik
    hemat
  • Dapat melaksanakan multiprocessing dan
    multiprogramming
  • Alat input-output mengalami pengembangan dengan
    menggunakan visual display terminal
  • Dapat melaksanakan komunikasi data dari satu komputer
    ke komputer lain.&nbsp; Contoh: komputer IBM S/30, NOVA, CDC 3000, PDP
    11


4. Komputer Generasi keempat (sejak tahun 1970)


  • Penggunaan LSI (Large Scale Integration) atau Bipolar
    Large Scale Integration
  • Mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk
    chip untuk memori komputer. Contoh: komputer IBM 370 tahun 1971, Personal
    Computer(PC) tahu 1977 (komputer Apple II dan Dekstop) dan tahun 1981 mulai
    menggunakan sistem Window dan mouse.


Setelah IC (Integrated Circuit), tujuan pengembangan menjadi
lebih terperinci yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen
elektrik.  Hal tersebut juga meningkatkan
daya kerja, efisiensi dan juga kehadalan komputer.  Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971
membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (Central Processing Unit, memori dan kendali input/output) dalam
sebuah chip yang sangat kecil.

Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan
produk komputer mereka ke masyarakat umum, yang disebut minikomputer.  Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.  Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta
unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.  Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC
digunakan.  Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas
meja (desktop computer) mwnjadi komputer yang sanggup dimasukkan ke dalam tas
(laptop), atau bahkan komputer yang sanggup digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Machintosh dalam memperebutkan
pasar komputer.  Apple Machintosh menjadi
terkenal lantaran mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya
masih memakai komputer yang berbasis teks. 
Machintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM competible
dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel).  Juga
kita kenal AMD ke6, Athlon, dan sebagainya. 
Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,
komputer-komputer tersebut sanggup dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan.  Komputer jaringan memungkinkan
komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menuntaskan suatu
proses tugas.  Dengan menggunakan
perkabelan langsung, yang disebut juga Local Area Network (LAN), atau kabel
telephone, jaringan ini sanggup berkembang menjadi sangat besar.



5. Komputer Generasi kelima



Komputer pada genarsi ini, menampilkan beberapa bentuk dan
fasilitas yang berbeda-beda.  Revolusi
pada dunia komputer terjadi pada tahun 2006. 
Intel merilis seri CORE 2 yang merupakan processor dengan “otak” lebih
dari 1 pada sebuah processor.  Terdapat
beberapa jenis Intel Core 2, yaitu Core 2 solo, dual Core, Core 2 Duo, dan Core
2 Quad.  Solo berarti memakai single
Core (layaknya processor normal), Duo berarti memakai 2 Core, dan Quad yang
berarti memakai 4 Core.  Selain seri
normal juga terdapat seri Core 2 duo Extreme dan Core 2 Quad Extreme yang
ditujukan untuk pasar kelas enthusiast.

Update terbaru dari dunia komputer yaitu ketika Intel
merilis seri processor terbarunya, yaitu Core I series, pada final tahun
2008.  Terdapat 3 jenis seri Core I yang
dirilis ke pasaran, yaitu seri core i7, Core i5, dan Core i3.  Pada processor seri Core I sudah tidak lagi
menggunakan teknologi FSB melainkan memakai teknologi QPI (Quick Path
Interconnect) dan berfungsi untuk mengintegrasikan tiap-tiap Core pada
processor dan juga sekaligus menjadi memory controller.







Peranan Teknologi Infiormasi dan Komunikasi Terhadap Aspek
Kehidupan Masyarakat


  1. Standar Kompetensi : Memahami Penggunaan Teknologi Informasi
    dan Komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
  2. Kompetensi Dasar 3 : Menjelaskan peranan Teknologi Informasi
    dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.



Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah
mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan
generasi gres yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan
Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang dibuat untuk membantu menuntaskan banyak sekali duduk masalah dengan gampang dan
cepat. Teknologi komunikasi tidak hanya menghipnotis satu bidang kehidupan
masyarakat, melainkan hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat
dipengaruhinya.




Tidak terkecuali bidang politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan dan pendidikan. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi komunikasi
yang semakin mengaburkan batas antara satu negara dengan negara lain,
menjadikan minimnya batas ruang dan waktu antara satu individu dengan individu
lain yang berada di seluruh penjuru dunia. Teknologi komunikasi berupa media
massa mempunyai kemampuan untuk memberikan pesan komunikasi secara cepat dan
masif kepada masyarakat. Dengan demikian, informasi yang berada di dalamnya
akan bisa menghipnotis masyarakat.



Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi pada masyarakat
dalam banyak sekali macam aspek


Adapun dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi pada
masyarakat dalam banyak sekali macam aspek:


1. Aspek
Politik



Pada bidang politik, media dan perkembangan teknologi
komunikasi terlihat terperinci dalam keterkaitan informasi sebagai kekuatan.
Informasi yang berada dalam media sanggup menjadi kekuatan tersendiri untuk
mengendalikan masyarakat. Hal ini memperlihatkan adanya unsur politis di balik
penggunaan suatu media. Misalnya yaitu pada masa kemudian media cetak digunakan
untuk kepentingan politis agama.




Media cetak berisikan informasi-informasi keagamaan dan
pengetahuan untuk mengendalikan masyarakat. Di Indonesia sendiri media
penyampai informasi berupa isu seringkali dipengaruhi unsur politis.
Penyampaian isu bernilai jurnalistik atau pers seringkali ditekan oleh
pemerintahan untuk kepentingan-kepentingan pemerintahan tersebut.



2. Aspek Ekonomi



Bidang ekonomi turut mendapatkan dampak dari perkembangan
teknologi komunikasi. Hadirnya banyak sekali penemuan dan teknologi komunikasi baru
memunculkan media-media gres di masyarakat. Jumlah media yang semakin besar ini
tentunya bisa berdampak terhadap ekonomi. Misalnya dengan semakin banyak
media, semakin banyak pula saluran yang sanggup digunakan untuk menyampaikan
pesan komunikasi.




Penyampaian pesan komunikasi mirip promosi tentunya
membutuhkan biaya untuk melaksanakan pembelian media. Perputaran biaya dalam media
pada hasilnya membuat industri media tersendiri yang mempunyai dampak yang
besar dalam perekonomian suatu negara. Kesadaran akan pentingnya informasi
dalam masyarakat memicu semakin besarnya media di dunia.



3. Aspek Sosial



Pada bidang sosial, perkembangan teknologi komunikasi telah
mengubah sikap sosial dalam masyarakat. Dahulu, masyarakat dibatasi oleh
ruang dan waktu. Hal ini menjadikan komunikasi dalam masyarakat menjadi
terbatas. Dengan hadirnya media-media gres mirip jaringan internet, telepon
seluler, dan lain sebagainya, batas-batas yang selama ini hadir dalam
masyarakat di dunia menjadi semakin kabur.




Masyarakat ketika ini sanggup menghubungi pihak-pihak lain yang
terpisahkan oleh ruang dan waktu. Misalnya, memberikan informasi melalui
surat elektronik atau email, menghubungi seseorang memakai telepon seluler,
serta melaksanakan konferensi memakai conference call. Hal ini menjadikan arus
informasi dalam masyarakat berjalan semakin cepat. Kini bukan hal yang aneh
apabila kita melihat seseorang sibuk mengetik SMS ketika berada di angkutan
umum ataupun dalam ruang perkuliahan.



4. Aspek Budaya



Kemampuan teknologi komunikasi mirip media internet yang
mengaburkan batas antar negara menjadikan masyarakat suatu negara mampu
melakukan interaksi dengan masyarakat negara lainnya. Suatu masyarakat tentunya
membawa budaya-budaya tertentu dalam dirinya. Dengan demikian, ketika terjadi
interaksi antara suatu masyarakat dengan masyarakat lain memakai media
internet, budaya dalam masyarakat tersebut akan terbawa ketika melakukan
komunikasi. Akibatnya, sanggup terjadi pergeseran-pergeseran budaya dalam suatu
masyarakat akhir kuatnya budaya yang dibawa dalam suatu media. Salah satu
media yang ketika ini masih mempunyai kekuatan yang besar pada masyarakat
Indonesia yaitu media televisi.



Televisi membawa budaya dari luar ke dalam ranah masyarakat
seperti gaya berpakaian, berinteraksi, serta pola pikir budaya lain. Budaya
yang dibawa oleh media tersebut kemudian sanggup menghipnotis masyarakat terutama
anak-anak yang masih gampang dibuat pemikirannya. Contoh dari budaya luar yang
dibawa oleh media televisi kemudian menghipnotis masyarakat yang memiliki
terpaan tinggi yaitu kekerasan dan gaya berpakaian. Budaya barat yang dibawa
oleh media televisi kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia yang memiliki
penggunaan media televisi yang tinggi. Masyarakat yang mempunyai tingkat terpaan
tinggi di Indonesia yaitu masyarakat perkotaan.


Masyarakat perkotaan ketika ini mempunyai gaya berbusana yang
terpengaruh budaya barat, terlihat dari gaya berpakaian anak muda di Jakarta
yang ibarat gaya berpakaian di catwalk Eropa. Selain itu, kekerasan turut
menjadi isu budaya yang meresahkan masyarakat Indonesia. Tampilan kekerasan di
media televisi yang semakin banyak sanggup menghipnotis anak-anak. Sinetron,
film, serta kartun yang menampilkan adegan kekerasan mirip pemukulan dan
kata-kata kasar sanggup dengan gampang ditiru oleh anak-anak. Hal ini tentunya
dapat menggeser budaya dalam masyarakat tersebut.</li>



5. Aspek Pertahanan dan Keamanan



Pada aspek pertahanan dan keamanan, komputer diciptakan
untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi.
Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer
yang canggih untuk membantu dalam melaksanakan navigasi atau serangan yang lebih
tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon
prajurit untuk mengurangkan biaya. </li>



6. Aspek Pendidikan



Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah
memberikan dampak terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan
media-media komunikasi mirip telepon, komputer, internet, e-mail, dsb.
Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui relasi tatap
muka tetapi juga dilakukan dengan memakai media-media tersebut.



Guru sanggup memberikan layanan tanpa harus berhadapan
langsung dengan siswa. Demikian pula siswa sanggup memperoleh informasi dalam
lingkup yang luas dari banyak sekali sumber melalui cyber space atau ruang maya
dengan memakai komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah
berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan dengan memakai internet.



Selain itu, TIK juga sebagai sarana berguru mengajar bagi
anak-anak yang home schooling, sanggup dijadikan sebagai lembaga diskusi bagi dosen
dengan mahasiswanya mengenai hal-hal akademik maupun nonakademik dan sebagai
alat presentasi materi yang ingin disampaikan oleh dosen, guru, mahasiswa,
pelajar, dll semoga terlihat lebih menarik untuk diperhatikan.






Dampak negatif dan positif dari
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi


  1. Standar Kompetensi : Memahami Penggunaan Teknologi Informasi
    dan Komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
  2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi banyak sekali dampak negative
    dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi


Dampak Positif Negatif Teknologi Handphone


Dampak Positif


  • Mempermudah komunikasi.
  • Menambah pengetahuan ihwal perkembangan
    teknologi.
  • Memperluas jaringan persahabatan.

Dampak Negatif :


  • Bermain game ketika guru menjelaskan pelajaran
    merupakan bukti positif bahwa HP gampang mengalihkan perhatian peserta didik
    terhadap pelajaran.
  • Mengganggu Perkembangan Anak : Fitur-fitur yang
    tersedia di HP mirip : kamera, games, gambar, dan akomodasi yang lain, mudah
    mengalihkan perhatian siswa dalam mendapatkan pelajaran di sekolah (kelas). Siswa
    mudah disibukkan dengan memanggil/menerima panggilan, sms, miscall dari teman
    mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi dengan HP dapat
    untuk melaksanakan kecurangan dalam ulangan. Dengan HP peserta didik sanggup mudah
    mengirim/menerima baik goresan pena maupun gambar yang tidak senonoh dan tidak
    selayaknya dikonsumsi pelajar tingkat SMP. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka
    peserta didik akan remaja sebelum waktunya, dan peserta didik yang kita hadapi
    merupakan peserta didik yang taat dan patuh pada permainan teknologi
    HP.
  • Efek radiasi; Selain banyak sekali kontroversi seputar
    dampak negatif penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat jelek bagi kesehatan
    dan perkembangan anak. Aktifitas bermain dan berolah raga digantikan dengan
    aktifitas duduk dan tersenyum-senyum. Maka ada baiknya kalau orangtua / wali
    peserta didik lebih hati-hati dan bijaksana dalam menyetujui anaknya
    menggunakan atau menentukan HP, khususnya bagi pelajar yang masih anak-anak. Jika
    tidak sangat diperlukan, sebaiknya belum dewasa jangan dulu diberi kesempatan
    menggunakan HP secara permanen.
  • Rawan terhadap tindak kejahatan.&nbsp; Tidak
    jarang pelajar ber HP merupakan salah satu sasaran utama dari
    penjahat.
  • Sangat berpotensi menghipnotis sikap dan perilaku
    siswa.&nbsp; Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua.HP bisa untuk
    menayangkan gambar-gambar yang berbau porno yang sama sekali tidak layak
    dikonsumsi oleh pelajar.
  • Pemborosan yang sia-sia
  • Dengan mempunyai / memakai HP tidak
    seperlunya, maka pengeluaran terperinci akan bertambah. Anak tidak mempunyai buku
    dengan alasan tidak punya uang,

Dampak Positif Negatif Televisi



Sebuah televisi yang merupakan sarana hiburan, tampaknya
memang memberikan hal positif bagi kehidupan. Namun, Anda juga harus mewaspadai
adanya dampak jelek televisi, terutama bagi anak kecil dan remaja.




Pada zaman sekarang, televisi pastilah bukan hal asing lagi
bagi Anda. Sebagian besar masyarakat Indonesia pun tentu mempunyai televisi di
rumah. Saat ini, televisi menjadi salah satu hiburan utama. Tak hanya hiburan,
televisi bisa menjadi media informasi yang menyajikan bermacam-macam berita, baik dari
dalam maupun luar negeri




Bagi orang dewasa, dampak positif dan negatif  mungkin tidak akan terlalu dirasakan. Namun
hal ini tentu sangat besar lengan berkuasa pada perkembangan anak kecil, lantaran anak
kecil atau remaja masih mempunyai jiwa atau psikis yang belum stabil.


Dalam hal penyajian berita, televisi umumnya selalu up to
date, bisa menyajikan isu terbaru eksklusif dari lokasi kejadian. Hal ini
tentu akan membuat Anda tidak ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang
cukup luas pada Anda secara cepat.




Bila televisi menyajikan acara-acara yang berafiliasi dengan
pendidikan, hal ini tentu sangat mempunyai kegunaan bagi para pelajar. Seorang pelajar
bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari  jadwal televise tersebut.



Salah satu dampak positif televisi yaitu Anda bisa
menyegarkan otak dengan menonton bermacam-macam tayangan hiburan yang disajikan oleh
stasiun televisi. Mulai dari jadwal kuis, film, sinetron, atau hiburan-hiburan
yang lain.




Televisi banyak menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki
pengaruh, baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan, atau yang lainnya.
Figur-figur yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu Anda untuk
mencontoh kesuksesan mereka.



Dampak Negatif Televisi


  • Pengaruh negatif televisi yang paling utama yaitu membuat
    Anda lupa waktu. Bila sudah menonton televise, Anda mungkin akan merasa malas
    untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Bagi pelajar, dampak negatif televisi yang
    satu ini tentu sangat merugikan, lantaran mereka bisa saja akan lupa untuk
    belajar.
  • Banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi bisa
    mempengaruhi kejiwaan seorang anak. Film kekerasan atau isu kriminal adalah
    beberapa jadwal yang tidak patut ditonton oleh anak kecil maupun remaja. Mereka
    bisa saja menjiplak adegan kekerasan atau tindak kriminal yang mereka tonton di
    televisi.
  • Televisi bisa meningkatkan daya konsumtif masyarakat. Di
    televisi, banyak sekali iklan-iklan yang menyajikan banyak sekali barang. Baik orang
    dewasa maupun anak kecil, siapapun bisa menjadi korban iklan  televisi.


Dampak Positif Negatif Komputer



Diantara manfaat yang sanggup diperoleh yaitu penggunaan
perangkat lunak pendidikan mirip program-program pengetahuan dasar membaca,
berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat
pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang
sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.



Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat jadwal aplikasi
berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara
khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games sanggup berupa
petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain kiprah (role-play).



Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan
melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan bunyi yang
muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga sanggup merangsang anak
mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak sanggup menjadi lebih tekun dan
terpicu untuk berguru berkonsentrasi.



Dampak Negatif



Dampak negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan.
Salah satunya yaitu dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa
sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur
seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa
games beraroma kekerasan dan aksi ini yaitu pemicu munculnya
perilaku-perilaku bergairah dan sadistis pada diri anak.



Dampak Positif Negatif Internet


Dampak Positif:


  • Internet sebagai media komunikasi, merupakan
    fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
    dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  • Media pertukaran data, dengan memakai email,
    newsgroup, ftp dan www (world wide web&nbsp; jaringan situs-situs web) para
    pengguna internet di seluruh dunia sanggup saling bertukar informasi dengan cepat
    dan murah.
  • Media untuk mencari informasi atau data,
    perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
    informasi yang penting dan akurat.
  • Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
    internet sehingga insan tahu apa saja yang terjadi.
  • Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk
    bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
    perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
    penawaran/penjualan.Dampak Negatif.

Dampak Negatifnya:


  • Pornografi; Anggapan yang menyampaikan bahwa
    internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
    penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk
    mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi jadwal mereka dengan
    kemampuan untuk menentukan jenis home-page yang sanggup di-akses.Di internet
    terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
    dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and Gore Kekejaman
    dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
    internet tidak terbatas, maka para pemilik situs memakai segala macam cara
    agar sanggup menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang
    bersifat tabu.
  • Penipuan; Hal ini memang merajalela di bidang manapun.
    Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik yaitu tidak
    mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada
    penyedia informasi tersebut.
  • Carding Karena sifatnya yang  real time (langsung), cara belanja dengan
    menggunakan Kartu kredit yaitu carayang paling banyak digunakan dalam dunia
    internet. Para penjahat internet pun paling banyak melaksanakan kejahatan dalam
    bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat bisa mendeteksi adanya
    transaksi (yang memakai Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang
    digunakan. Untuk selanjutnya mereka memakai data yang mereka dapatkan untuk
    kepentingan kejahatan mereka.
  • Perjudian; Dampak lainnya yaitu meluasnya
    perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke
    tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs
    seperti ini, lantaran umumnya situs perjudian tidak bergairah dan memerlukan banyak
    persetujuan dari pengunjungnya.
  • Mengurangi sifat sosial insan lantaran cenderung
    lebih suka berafiliasi lewat internet daripada bertemu secara eksklusif (face to
    face).
  • Dari sifat sosial yang berubah sanggup mengakibatkan
    perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
  • Kejahatan mirip menipu dan mencuri dapat
    dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
  • Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang
    menyangkut pornografi dan sanggup menghabiskan uang lantaran hanya untuk melayani
    kecanduan tersebut.

Sumber http://www.notesku.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Materi Tik Kelas 7"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close